Cara Promosi Blog Ke Odp Dmoz

 Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu Promosi blog di ODP DMOZ (Open Directory Project Directory Mozilla) .  DMOZ  sebuah layanan direktori yang sangat besar. Dengan terdaftarnya blog di DMOZ maka beruntunglah  Anda  ,  Karena  DMOZ merupakan Layanan direktori search engine terbesar ketika ini, jadi pastinya blog tersebut akan gampang mendapatkan SERP google ataupun search engine lainnya. Tahukah Anda dibalik kekuatan ODP (dmoz) sebagai pondasi traffic blog Anda dan jangan terkejut jikalau blog Anda menjadi the king pada directory search engine.

  Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

Namun memang bukan hal gampang untuk mendaftarkan blog Anda di ODP DMOZ, dan juga akan memakan waktu sekitar 2 ahad untuk mendapatkan suatu blog, alasannya memang tidak sedikit yang berlomba-lomba mendapatkan perhatian khusus dari DMOZ sehingga Anda harus sabar-sabarlah untuk menunggu antrian.
DMOZ  hingga ketika ini dikelola oleh hampir kurang lebih 37.000  editor sukarelawan. Memang DMOZ sangat ketat melaksanakan penyaringan. Kaprikornus suatu pujian tersendiri jikalau Anda berhasil diterimanya.bila pendaftaran anda diterima, anda akan sekaligus dimasukkan ke dalam database sejumlah search engine besar yang populer seperti: Google, Altavista, AOL Search, HotBot, Lycos dan lain-lain. Search engine Yahoo! pun sudah termasuk alasannya Yahoo! juga memakai database Google.

Berikut ini langkah-langkah pendaftaran pada OPD DMOZ

Untuk mendaftar di Open Directory (DMOZ) Kita mulai dari Open Directory. Masuk ke situs Open Directory di http://dmoz.org. Tampilan awalnya menyerupai gb. dibawah ini :

  Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

 

Silahkan Anda Klik bab tab link suggest URL yang terdapat di bab atas sebelah kiri halaman awal DMOZ.  Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisi klarifikasi perihal peraturan atau tata cara mengajukan pendaftaran website (How to suggest a site to the open directory). Bila Anda sanggup berbahasa Inggris, ada baiknya Anda membaca peraturan ini dengan teliti. Diantara peraturan-peraturan  DMOZ yang penting untuk kita ketahui adalah:

  1. Jangan mendaftar dengan nama URL Redirection, gunakan URL orisinil dari webhosting anda.
  2. Jangan mendaftar website yang belum selesai, ada halaman yang sedang dikerjakan atau ada link yang terputus.
  3. Bila website anda memakai bahasa utama selain Bahasa Inggris, maka daftarkanlah dalam kategori World.

Setelah Anda menyetujui dengan semua peraturan yang ditentukan pihak DMOZ. Silahkan  Anda mengklik link Proceed to the Open Directory home at dmoz.org untuk memulai proses pendaftaran, Anda akan kembali dibawa ke halaman depan (homepage) dari DMOZ  menyerupai tanpilan rujukan gambar diatas. Di situ Anda harus mencari dan menelusuri kategori dan sub kategori yang paling sempurna (sesuai) untuk website yang telah Anda buat. Mengingat point ketiga yang di sebutkan di atas, bila situs Anda berbahasa Indonesia, maka kategori pertama yang harus Anda masuki yaitu link World yang terdapat pada formasi link terbawah.

Klik link World. Anda akan dibawa ke daftar sejumlah link bahasa-bahasa yang terdapat di seluruh dunia yang diurut sesuai abjad. Angka-angka yang terdapat dalam tanda kurung di belakang setiap link kategori merupakan jumlah website yang telah terdaftar dalam Open Directory untuk kategori tersebut. Carilah link Indonesia. Setelah ketemu, klik link tersebut. Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya yang merupakan hidangan utama dari daftar kategori dalam kelompok website Indonesia.

 Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

Setelah Anda klik link bahasa Indonesia , selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman yang terdapat sejumlah kategori menyerupai Belanja, Berita, Bisnis, Kesehatan, Kesenian dan lainnya. Pilihlah kategori yang paling sesuai untuk website Anda. Dalam hal ini aku mengambil tema blog aku perihal Bisnis lokal,  sebagai contoh. Untuk website ini aku menentukan kategori Bisnis.

  Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

Setelah link Bisnis diklik, kita akan dibawa ke halaman kategori selanjutnya yang di dalamnya terdapat sejumlah sub kategori menyerupai Barang dan layanan industri, Barang dan layanan konsumen, Direktori, Export dan Import, Enerji dan lingkungan, Otomotif, Pekerjaan  dan seterusnya. Di sini saya  mengklik link Barang dan Layanan Konsumen .

 Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

Misalnya aku ingin mendaftarkan website aku hingga di kategori Barang dan Layanan Konsumen saja, tidak memasuki sub kategori yang lebih dalam, maka hingga di sini aku eksklusif mengklik link Suggest URL/Tambah URL  yang terdapat di sudut kiri atas halaman DMOZ. Bila Anda ingin melihat situs-situs mana saja yang telah terdaftar dalam kategori (kelompok) Barang dan Layanan Konsumen, gulunglah layar ke bawah maka di situ Anda akan melihat daftar nama-nama situs yang bekerjasama dengan Barang dan Layanan Konsumen, lengkap dengan deskripsi (penjelasan ringkas) perihal isi masing-masing situs. Bila anda ingin mendaftar dalam sub kategori yang lebih dalam, klik link sub kategori yang dimaksud lalu klik link tambah URL menyerupai yang telah dijelaskan tadi. Setelah Anda mengklik link tambah URL/Suggest URL  tersebut, Anda akan dibawa ke halaman Submit a site to the Open Directory. Di halaman ini Anda diminta untuk mengisi formulir pendaftaran menyerupai rujukan gb. dibawah ini :

 Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

  Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ

 Postingan aku kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu  Cara promosi blog ke ODP DMOZ 

Isikan data-data Blog Anda yang sempurna dan benar.

  1. Site URL. Masukkan alamat (URL) website anda. Ingat alamat yang dimaksud yaitu alamat orisinil dari webhosting kawasan anda menyimpan file-file website Anda. Kaprikornus jangan memasukkan alamat URL Redirection.
  2. Title of Site. Tuliskan nama (judul)/ Tema  dari Blog/website Anda. Ingat Jangan memakai huruf besar semua dan jangan mengandung isi tajuk promosi iklan.
  3. Site Description. Ketikkan uraian ringkas perihal isi website Anda.
  4. Your E-Mail Address :Tuliskan alamat email valid yang Anda miliki. 
  5. Isikan dengan benar instruksi verifikasi yang muncul.

Setelah semua kotak-kotak isian telah Anda isi dengan benar , klik tombol Submit yang terdapat pada bab paling bawah dari form isian tersebut.  Bila semua isian Anda benar, maka di halaman selanjutnya Anda akan mendapati goresan pena Submission Received yang menyatakan bahwa pengajuan pendaftaran website Anda telah diterima. Sampai proses  ini bukan berarti website Anda telah diterima dan akan dimasukkan dalam direktori DMOZ. Anda  masih harus menunggu beberapa ahad atau bulan untuk proses verifikasi.

Jika Anda tertarik dengan ODP DMOZ…, Silahkan Anda mencobanya…mudah-mudahan Blog / Website Anda diterima…dan menjadi The King pada directory Search Engine.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google