Cara Memakai Twitter Lengkap Untuk Pemula

Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula

Cara Menggunakan Twitter atau cara pakai twitter bukan sesuatu yang susah atau menakutkan, alasannya intinya Twitter sama-sama situs microblogging atau media umum ibarat Facebook dan Google+, jadi untuk menggunakan twitter ini tidak memerlukan keahlian khusus.

Tapi, ada tapinya ! di twitter ini banyak sekali istilah-istilah atau bahasa kerennya singtwit alias kependekan twitter.

Ya, para pengguna Twitter memang gemar sekali menggunakan kependekan dikala menulis tweet (kalau di facebook ibarat update status) ini mereka lakukan bukan alasannya mereka alay atau sejenisnya, melainkan alasannya memang terbatasnya huruf yang disediakan oleh pihak Twitter (140 karakter), jadi mau tak mau mereka harus kreatif, salah satunya ya dengan menggunakan kependekan tersebut.

Nah, kembali ke topik pembahasan, kalau kita ingin berguru Cara Menggunakan Twitter, tentu hal pertama yang harus kita lakukan atau pelajari ialah Bahasa Twitter. Bahasa Twitter ini tidak perlu kalian ingat sekaligus, sedikit demi sedikit saja, alasannya ada banyak sekali.

Untuk mempermudah Anda memahami bagaiamana cara menggunakan Twitter, maka disini saya akan membagi artikel ini menjadi dua bab :

  1. Cara Menggunakan Twitter
  2. Cara Menggunakan Twitter Trends

Baik, kita mulai yang pertama dulu perihal bagaimana cara menggunakan twitter yang biasa atau secara umum.


Cara Menggunakan Twitter


Seperti apa yang sudah saya samapikan diatas, untuk sanggup mahir menggunakan atau menggunakan Twitter, hal mutlak pertama kali yang harus kita kuasai ialah Bahasa Twitter itu sendiri, yang mencakup Singkatan dan kata kata Inggris. Dan berikut klarifikasi mengenai bahasa-bahasa yang sering dipakai di Twitter :

  • DM/Direct Message : Ini fungsinya untuk saling mengirim pesan, kalau di facebook atau game online biasa diucapin private message.

  • RT/Retweet : Fitur yang sanggup dipakai unutk menshare ulang apa yang Kamu rasa menarik, RT atau Retweet di twitter ada dua jenis, yang pertama ialah Manual dan yang kedua otomatis (dengan memencet tombol retweet).

    Contoh Penggunaan : RT @berguruseo hidup itu ibarat bercermin, kau akan melihat sesuatu yang indah dikala menatapnya dengan ketulusan senyum

  • Follower : Sebutan untuk orang yang mengikuti Kamu, istilahnya kalau di facebook, mereka ialah orang yang nge-add, tapi kalau di Twitter kalau tidak tidak suka dengan mereka tidak ada tombol reject.

  • Following : Ini kebalikan dari Follower, kalau following ini orang yang Kamu ikuti

  • Unfollow : Nah, kalau unfollow ini ibarat Unfriend kalau di Facebook, jadi kalau tidak ingin melihat Tweet atau Status dia, tinggal klik aja Unfollow.

  • Lists : List ialah cara semoga Kamu sanggup fokus pada isu tertentu dengan menggabungkan isu yang ada, misal Kamu buat list isu terkini yang isiniya isu dari Kompas, Detik, Viva dan lain lain

  • Search : Kotak Pencarian yang fungsinya untuk mencari sobat atau status dari seseorang.

  • Timeline : Seperti diniding lah kalau di Facebook, tapi bedanya Kamu tidak sanggup corat-coret di Timeline pengguna lain.

  • Trending Topics : Fitur yang paling saya sukai di Twitter ya trending topics ini, alasannya apa ? alasannya si TT ini menyediakan informasi mengenai apa yang sedang booming atau lagi tren atau yang lagi banyak dibicarakan orang.

  • Tweet : Tweet itu sebutan untuk Status yang kalian buat

  • Tweetup : Kalau ada yang ngajakin Tweetup di Twitter, itu artinya mereka ingin bertemu kau atau istilahnya ingin kopdar (kopi darat)

  • Handle : Ibarat di tag kalau di Facebook, sama aja sih nanti bakal muncul di notif kalian

  • Hashtag : Dilambangkan dengan tKamu pagar (#) yang artinya menKamukan sesuatu yang ingin dibicarakan secara masal

    Contoh Penggunaan : Mawar itu Merah, Melati itu Putih #katabijak, SEO itu kepanjangan dari SEOrang Tamfan #seo

  • @ : Dibaca 'add' ini sanggup kalian gunakan kalau ingin menKamui orang dalam statusmu atau tweet kamu

  • OverHeard : Atau biasa disingkat OH artinya Kamu gres saja mendegar atau membaca isu menarik tapi enggan menyebutkan secara rinci dari manada Kamu mendengar isu tersebut

    Contoh Penggunaan : Hm, gres saja ku lihat ternyata si Jono rahasia merayap

  • Heard Trough : Biasa disingkat HT, ini dipakai kalau Kamu sanggup kabar dari sobat Kamu, istilahnya sanggup kabar baik dari sobat kamu, terus kau terusin di tweeter

  • Trends : Topik yang sedang hangat dibicarakan

Banyak kan ? sekali lagi tidak perlu dihafalkan cukup baca saja sekilas, nanti juga bakal paham kalau sudah sering menggunakan twitter

Selanjutnya kita pelajari bagaiaman Cara Menggunakan Twitter untuk Update Tweet :

1. Buka Twitter.com

Jangan buka yang lain

2. Klik Compose New Tweet

Icon berbentuk bulu, letaknya ada di pojok kanan atas

Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula
Cara Menggunakan Twitter gambar 1

3. Tulis Statusmu

Tulis sesukamu tapi pastikan itu sanggup dipertanggung jawabkan, dan ingat jangan lebih dari 140 Karakter

Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula
Cara Menggunakan Twitter gambar 2

4. Klik Tweet

Selesai sudah, 1 Tweet sudah berhasil kau buat, selamat atas pencapaianmu yang luar biasa

Selain aneka macam text, twitter juga sanggup kalian gunakan untuk menyebarkan foto, atau istilahnya dalam twitter itu PicTwit, jadi apapaun yang kau lakukan jepret aja lalau upload di twitter tapi ingat pastikan itu layak untuk dibagikan dan bermanfaat untuk semua kalangan !


Cara Menggunakan Twitter Trends


Trending Topics atau sering juga disebut Twitter Trends merupakan fitur unggulan twitter yang paling sering dipakai para Tweeps (sebutan untuk pengguna twitter)  untuk melaksanakan perbincangan dengan user lain.

Data dari Twitter Trends sanggup dilihat dibagian pojok kiri atas, dibawah profil Anda. Penampakkannya ialah sebagai berikut :

Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula
Cara Menggunakan Twitter Trends

Anda pun juga sanggup melihat ekspresi dominan dari negara lain, contohnya USA atau Inggris, atau bahkan Trends apa yang ada di seluruh dunia juga sanggup dilihat dengan World Trends.

Untuk menggunakan trends ini bahwasanya cukup mudah, caranya ialah dengan mengklik hash tag ata kalimat yang menjadi Trends maka setelahnya Anda akan dibawa ke halaman gres yang berisi ribuan tweet yang membahas atau membicarakan Trends tersebut.

Gak terasa udah panjang kali lebar artikel yang saya tulis, itu artinya saya sudah harus mengakhiri artikel Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula ini, lebih kurangnya saya mohon maaf, kalau ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google