Cara Menambah Kapasitas Ram Pada Laptop Sampai 8 Gb

 RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB

RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop, Komputer ataupun Smartphone yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data-data berupa cache. Secara garis besar RAM mempunyai 4 Struktur penyimpanan yaitu :

  • Input storage
  • Program storage
  • Working storage
  • Output 

Setiap struktur mempunyai fungsi atau kiprah yang berbeda, dan bila keempat struktur tersebut bekerja secara bersamaan dan jadinya penuh, maka Laptop akan mengalami lemot. Kaprikornus dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa salah satu penyebab Laptop lemot ialah dikarenakan RAM terlalu banyak mendapatkan data untuk 'dibaca', solusinya silahkan baca disini Cara Mengatasi Laptop Lemot. Sebaliknya bila RAM sangat longgar (sisa banyak) maka bisa dipastikan kinerja komputer atau laptop menjadi lebih cepat, selengkapnya wacana mempercepat komputer & laptop bisa Anda temukan di artikel ini 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop.

Oke kita kembali ke topik, lantas bagaimana Cara Menambah RAM Laptop ? bahwasanya ada banyak cara yang kita lakukan untuk menambah RAM Laptop, dan sejauh yang saya tahu ada 3 Cara Menambah RAM Laptop yang benar-benar terbukti ampuh, dan ketiga cara yang saya maksud tersebut ialah :

  1. Cara Menambah RAM dengan Flashdisk
  2. Cara Menambah RAM dengan Software
  3. Cara Menambah RAM dengan Beli Baru

Baik, selanjutnya saya akan membahaskan secara detail mengenai ketiga cara menambah ram yang sudah saya sebutkan tersebut, sengaja saya berikan tiga cara sekaligus biar Anda bisa menentukan mana yang berdasarkan Anda paling gampang untuk diimplementasikan.

Cara Menambah RAM dengan Flashdisk


Seringkali kita memakai Flashdisk hanya untuk menyimpan file musik atau foto saja, namun tahukah Anda bahwasanya Flashdisk sangat ampuh kita gunakan untk menambah kapasitas RAM yang ada pada Laptop kita ? bila tertarik Anda bisa mencoba caranya dibawah ini.

  1. Colok Flashdisk ke Laptop

     RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB

    Tunggu sebentar sampai flashdisk terbaca dan muncul iconnya di My Computer.

  2. Masuk ke Properties

     RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB

    Arahkan kursor ke icon Flashdisk kemudian klik kanan pada icon tersebut kemudian pilih Properties.

  3. Ready Boost > Use this device > OK

     RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB

    Buka sajian Ready Boost selanjutnya silahkan Anda centang Use this device dan jangan lupa atur space atau sizenya, semakin besar kapasitas Flashdisk maka RAM akan bertambah besar pula.

Selamat RAM Anda telah berhasil bertambah (nyaris) 8 GB. Hal ini terang lebih ekonomis bukan ketimbang kita membeli RAM gres yang mungkin harganya berkisar antara 400 ribu keatas.

Cara Menambah RAM dengan Software


Dulu saya pernah membaca ada software dengan nama Eboostr, konon katanya software atau aplikasi ini bisa memaksimalkan kinerja komputer kita dengan sehingga RAM bekerja tidak terlalu berat dan dengan begitu maka RAM akan terasa longgar hal inilah mungkin yang mengakibatkan banyak orang berfikir bahwa software ebooster sanggup menambah kapasitas RAM, padahal fakta bahwasanya bukan menyerupai itu, jadi software ini hanya memaksimalkan kinerja RAM.

 RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB

Untuk lebih jelasnya mengenai software ini Anda bisa mencoba versi Trial dari software eboostr melalu situs resminya yang beralamtkan di http://www.eboostr.com/trial-download

Pertanyaan Anda mungkin bagaimana mungkin sebuah software sanggup menambah RAM ? sekali lagi saya ingatkan bahwa software ini bukan untuk menambah RAM melainkan untuk memaksimalkan RAM dengan cara menyediakan fitur untuk menyetting Cache pada Laptop kita.

Cara Menambah RAM dengan Beli Baru


Ini tidak perlu saya jelaskan, saya yakin Anda sudah paham maksud saya. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli RAM gres untuk mengganti RAM yang usang yaitu perhatikan :

  • Jenis RAM (apakah DDR2, DDR3 atau DDR5)
  • Nilai PC (PC 10600 atau PC 12800)

Jika Anda asal membeli dan tidak memperhatikan kedua hal tersebut, maka yang terjadi ialah RAM tidak akan bisa terpasang, alasannya ialah pada kaki-kai untuk meletakkan RAM tidak cocok.

Selain ketiga cara menambah kapasitas ram pada laptop yang saya jelaskan diatas, tentu masih banyak cara-cara lain yang bisa Anda coba untuk meningkatkan performa RAM pada Laptop kesayangan Anda. Namun saya rasa ketiga cara diatas sudah cukup ampuh untuk menambah dan memaksimalkan RAM dan pastinya dari segi harga cukup terjangkau untuk kita coba (terutama cara 1 dan 2).

Baca Juga
 RAM ialah tipe penyimpanan yang ada di dalam Laptop Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop Hingga 8 GB Cara Merawat Laptop

Artikel ini berisi isu bagaimana cara merawat dan membersihkan laptop yang benar biar laptop bisa tetap abadi sampai 5 tahun

Cara Menambah RAM Laptop dengan flashdisk maupun software tentu tidak akan seefktif bila dibanding kita menambah RAM dengan cara membeli RAM gres yang mempunyai kapasitas yang lebih besar, jadi saya sarankan bila Anda ingin menambah RAM untuk mempecepat performa Laptop maka sebaiknya membeli RAM gres dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari sebelumnya dan jangan lupa pastikan terlebih dahulu bahwa RAM di Laptop Anda tidak disolder alasannya ialah bila disolder bisa dipastikan RAM tersebut tidak bisa diganti, dan jalan satu-satunya ialah beli Laptop baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google