Panduan Lengkap Cara Seo Blog & Website Yang Baik Dan Benar

 sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

Jujur, sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO, terakhir kalau tidak salah goresan pena ihwal SEO, saya tulis pada bulan Agustus, tapi saya publish di bulan September, jadi kurang lebih sudah 2 bulan saya tidak menulis hal-hal yang berbau SEO, aib juga bergotong-royong mengingat alamt blog saya ini yang ada suplemen SEO-nya, mohon dimaklumi alasannya memang akhir-akhir ini saya lebih bahagia menulis ihwal isu umum, ketimbang menulis artikel ihwal SEO. Namun entah kenapa di pagi yang sejuk ini saya tertarik untuk menulis artikel SEO lagi.

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa artikel atau Panduan SEO ini saya khususkan untuk teman-teman yang gres Belajar SEO atau dengan kata lain ini ialah Tips SEO Pemula, itu artinya untuk para Pakar SEO dan Master SEO Indonesia, saya harapkan untuk tidak membacanya secara serius, alasannya saya khawatir ilmu Anda akan turun 1 Tingkat.

Oke cukup basa-basinya, kita kembali ke topik, sesuai judul diatas, saya akan menjelaskan kepada teman-teman mengenai Bagaimana Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web yang baik dan benar di mata Google. Sedikit citra ihwal apa yang akan kita pelajari :

Belajar Cara SEO On-Page :

  • Keyword Density
  • Kecepatan Situs
  • Ekstensi Domain

Belajar Cara SEO Off-Page :

  • Backlink Berkualitas
  • Social Signals (Facebook Like, Twitter Share, Gplus +1)

Selanjutnya akan saya jelaskan satu persatu mengenai kelima hal diatas, sengaja saya tidak menyinggung soal Template, alasannya intinya model template apapun yang Anda pakai (1, 2, 3 kolom), selama mengandung Tag H1 yang tidak ganda, bisa dibilang sudah SEO. Oke kita mulai pembahasan yang pertama.

Panduan SEO On-Page


Ada aneka macam faktor dalam SEO On-Page, yang 'katanya' dipakai oleh Google untuk meranking sebuah situs, namun saya rangkum saja, mana yang 'sepertinya' Mitos dan mana yang mendekati Fakta.

  1. Keyword Density

     sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

    Saat menulis artikel, biasanya berapa persen Keyword Density yang Anda terapkan ? 2% kah ? 7% atau mungkin > 10% ? jujur saya sendiri tidak pernah menghitung berapa keyword density (kd) dalam suatu artikel yang saya buat, selain alasannya tidak ada toolnya, juga alasannya saya tidak terlalu mempedulikan KD, istilahnya yang penting artikel saya bisa dibaca dengan nyaman oleh pengunjung.

    Dan Goolge sendiri pun tidak memakai patokan (persentase) Keyword Density dan memasukannya ke dalam ranking factor, atau dengan kata lain Keyword Density berapa pun tidak akan membantu situs Anda naik ke Top Ranking 1 Google, justru kalau Anda terlalu memaskkan untuk menyelipkan kata kunci (keyword) yang Anda bidik di setiap kata maka siap-siap saja terkena pentungan dari Google, alasannya dianggap sebagai Keyword Stuffing.

    Makara saran, saya ketika menulis artikel tidak perlu Anda repot-repot menargetkan keyword density harus berapa persen, dan yang terpenting jangan hingga untuk mengejar persentase keyword density Anda hingga memasukkan kata kunci di awal paragraf atau artikel, berdasarkan saya pribadi itu tidak membantu SEO Blog Anda, dan malah akan mengakibatkan artikel menjadi tidak profesional, ujung-ujungnya pembaca pribadi malas membaca.

  2. Kecepatan Situs

     sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

    Load situs blog atau website Anda berat ? takut itu akan berdampak pada SEO Blog / Website Anda ? mulai kini Anda tidak perlu khawatir, alasannya kecepatan situs lagi-lagi bukanlah faktor yang dipakai Google untuk meranking sebuah Web atau Blog.

    Meski demikian, kecepatan situs juga memilih kecepatan indexing suatu website atau blog, semakin ringan ukurannya, maka akan semakin cepat pula terindeks oleh Google, sejauh yang saya tahu, hal ini dikarenakan Spider atau Bot Google lebih gampang dalam merayapi situs Anda.

    Makara apakah Anda harus meringankan situs Anda untuk mendapat ranking yang lebih baik di Google ? sekali lagi berdasarkan saya pribadi itu tidak perlu, namun kalau Anda ingin pengunjung betah berputar-putar (menjelajahi) Blog / Web Anda, maka saya sarankan Anda untuk mengganti template di situs Anda dengan yang lebih ringan.

  3. Ekstensi Domain

     sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

    Apa sih ekstensi domain itu ? web dot id (web.id), co dot id (co.id), dot id (.id) dan lain sebagainya, itulah yang dinamakan ekstensi domain. Dan konon katanya domain web.id akan menciptakan pencarian Anda unggul di SERP (Search Engine Results Page), namun apakah itu benar ? berdasarkan saya pribadi itu benar dengan catatan kita mempunyai sasaran visitor atau pencarian lokal (google.co.id) tetapi kalau kita bicara mengenai SERP International (google.com) maka Esktensi Domain Lokal ibarat web.id dan co.id tidak akan membantu situs Anda mendapat ranking yang lebih baik di Google.

    Lantas haruskah Anda memakai Domain Lokal untuk meningkatkan SEO Blog / Website Anda ? berdasarkan saya pribadi, kalau sasaran Anda ialah pengunjung lokal maka lakukanlah.

Ketiga Cara SEO On-Page diatas kalau Anda terapkan dengan baik dan benar, tetaplah tidak cukup kalau Anda bersaing di kata kunci yang mempunyai kompetitor berat, maka dari itu dibutuhkanlah SEO Off-Page sebagai pendongkrak posisi blog atau website di Google.

Panduan SEO Off-Page


Tidak cukup kalau Anda hanya mengandalkan SEO On-Page saja, alasannya di kata kunci dengan persaingan yang berat, maka tugas atau campur tangan SEO Off-Page sangatlah Anda butuhkan, hal ini bertujuan untuk 'memuluskan' Blog / Website Anda menuju halaman satu Google.

Secara garis besar ada dua hal yang harus Anda perhatikan dalama SEO Off-Page, dan kedua hal tersebut ialah :

  1. Backlink Berkualitas

     sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

    Di artikel sebelumnya saya telah menjelaskan ihwal apa itu backlink berkualitas, dan bagaimana cara mendapat backlink berkualitas, intiny saya kupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan backlink, dan tentunya saya tidak akan menjelaskannya lagi di artikel ini, alasannya Anda bisa membacnya secara lengkap dan terang ihwal backlink berkualitas disini Cara Mendapatkan BackLink Berkualitas.

  2. Social Signals (Facebook Like, Twitter Share, Gplus +1)

     sudah usang saya tidak menulis artikel ihwal tutorial SEO Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website Yang Baik dan Benar

    Masih percaya social signal ibarat Facebook, Twitter atau Google Plus bisa untuk mendongkrak posisi Blog / Website Anda lebih baik di Google ? kalau iya, maka Anda salah besar, alasannya Google diwakili oleh Matt Cutt menyampaikan :

    We like standards that are available on the open web. If we're not able to crawl something – like Facebook or like the time we temporarily ran into problems with Twitter – we don't want to depend on that data.

    Intinya Google tidak bisa melihat berapa banyak atau jumlah Facebook Like yang Anda peroleh, atau banyak Twitter Share. Makara Google tidak memakai sesuatu yang tidak bisa diakses oleh Google Bot untuk dimasukkan tersebut ke dalam Ranking Factor.

    Tapi Backlink yang diberikan oleh Facebook bisa kita jadikan sebagai Tier 2  yang sangat ampuh untuk meningkatkan SEO Blog kita (baca juga: Apa itu Link Tier ?).

    Makara kesimpulannya ? tetap bagikan Artikel Anda ke Facebook, Twitter atau Google Plus (dapatkan backliknya) tapi jangan repot-repot untuk membeli Jasa +1 atau Jasa Like Fanpage Facebook untuk keperluan meingkatkan SEO Blog atau Website Anda, tapi pesanlah jasa mereka untuk tujuan lain, misal untuk dipamerkan ke sahabat Anda mungkin.

Seluruh artikel diatas sama sekali tidak ada maksud untuk sok tahu apalagi menggurui, jujur artikel diatas saya tulis selain untuk membagikan isu ihwal SEO kepada teman-teman yang gres mengenal SEO juga untuk keperluan saya menembak keyword 'Cara SEO' di Google, doakan saja supaya artikel ini bisa masuk ke Halaman 1 Google, syukur-syukur bisa ranking 1.

Saya rasa cukup sekian Panduan Lengkap Cara SEO Blog & Website yang bisa saya bagikan ke Anda, dan supaya apa yang sampaikan diatas sanggup menawarkan manfaat, dan simpulan kata saya ucapkan selamat mencoba dan hingga jumpa di pejwan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google