Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja

Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapat gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin BekerjaTantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapat gelar sarjana, alasannya tantangan yang gotong royong yaitu bagaimana cara mendapat pekerja pertama yang sesuai dengan keinginan.

Kalau boleh jujur, gotong royong ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan meskipun belum mempunyai gelar sarjanan, salah satunya yaitu dengan berbisnis.

Dalam bisnis kita tidak mengenal apa yang dinamakan ijasah, gelar atau semacamnya, alasannya yang diperlukan untuk memulai bisnis yaitu Niat, Kerja Keras dan (sedikit) Modal. Makara suksesnya seorang pebisnis bukan ditentutan dari deretan gelar yang ada di nama, melainkan dari perjuangan yang mereka lakukan.

Berikut ini yaitu 2 Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Baca Juga
Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapat gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja Bisnis Usaha Kecil Menengah

Artikel ini berisi informasi mengenai daftar Bisnis Usaha Kecil Menengah / UKM yang paling menjanjikan untuk Mahasiswa.

Bisnis di Internet ( Online )


Mahasiswa dan gadget sudah menyerupai sepasang tali sepatu yang selalu bersama dan tak terpisahkan. Namun sayangnya dalam penggunaan gadget masih jauh dari kata bermanfaat, bahkan cenderung kurang bermanfaat, alasannya gadget seringkali hanya dijadikan sebagai media peranttara untuk ngobrol lebih parahnya dijadikan sebagai ajang sebar gosip.

Nah, daripada kita menggunakan gadget tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat , akan jauh lebih baik bila kita juga menggunakannya untuk menjalankan bisnis.

Jika galau ingin berbinis apa, beberapa peluang bisnis online dibawah ini bisa Anda jadikan referensi :

1. Buzzer

Buzzer yaitu seseorang yang menghubungkan antara pengiklan dengan pengguna twitter (promosi via twitter).

Untuk memulai bisnis dengan menjadi seorang buzzer, terlebih dahulu Anda harus mempunyai akun dengan Twitter dengan jumlah followers yang banyak (ratusan ribu), langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengatakan jasa ngebuzz kepada advertiser.

Beberapa kriteria yang dipakai oleh Advertiser dalam menentukan seorang Buzzer biasanya dilihat dari beberapa faktor berikut ini :

  • Jumlah Follower
  • Dominasi Gender Follower
  • Usia Rata-rata Follower

Dan beberapa hal lain, mirip contohnya Niche atau Topik dari akun yang Anda gunakan untuk negbuzz, juga sangat besar lengan berkuasa apakah advertiser bersedia menggunakan jasa Anda.

2. Affiliater

Affiliater yaitu seseorang yang bekerja untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli (perantara / makelar).

Jika Anda tertarik dengan bisa affiliate marketing, maka langkah awal untuk memulainya yaitu dengan mendaftar di situs-situs penyedia layanan affiliate, mirip contohnya :

  • Amazon (global)
  • Clickbank (global)
  • Lazada (lokal)

Setelah menjadi member, selanjutnya Anda perlu menentukan sebuah produk kemudian mempromosikannya melalui Facebook, Twitter, Blog atau bisa juga kita promosikan melalui situs pasang iklan online.

3. Publisher

Publisher yaitu seorang penerbit iklan yang menyediakan blog atau websitenya untuk dipasangi iklan oleh para advertiser (pengiklan).

Untuk menjadi seorang publisher online tentunya Anda harus mempunyai sebuah Blog. Karena, nantinya Blog tersebutlah yang kita gunakan sebagai media untuk memasang iklan. Jika sudah mempunyai blog, maka kiprah Anda selanjutnya yaitu mendaftar sebagai pubisher di :

  • Google AdSense
  • Media.net
  • IBN (Indonesia Blogger Network)

Dari ketiga network diatas, saran saya cobalah untuk mendaftar terlebih dahulu di Google AdSense, bila tidak terima Anda bisa mencoba Media.net dan bila tidak diterima lagi, maka alternatifnya Anda bisa bergabung dengan menjadi publisher lokal di IBN.

4. Content Writer

Content Writer adakah seorang penulis artikel, yang mana kiprah Anda yaitu menciptakan sebuah artikel sesuai pesanan.

Dari keempat rujukan kerja part time online diatas sangat cocok untuk Anda seorang maahsiswa yang ingin kerja online namun terkendala akan modal, alasannya dari keempat rujukan bisnis online diatas bisa Anda kerjakan secara gratis, hanya bermodal laptop dan koneksi internet. Namun, bila dari keempat pekerjaan online diatas dirasa terlalu susah untuk Anda jalankan, silahkan Anda baca pengalaman saya ihwal Cara Mencari Uang di Internet, besar impian saya artikel tersebut bisa membantu mencerahkan dalam menentukan dan memulai bisnis online yang terbaik dan sempurna untuk Anda jalankan.

Baca Juga
Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapat gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja Pekerjaan Freelance Terbaik

Jika Anda tidak mempunyai waktu lebih untuk menjalankan sebuah bisnis, maka kerja freelance yaitu solusi terbaik.

Bisnis di Dunia Nyata ( Offline )


Bisnis offline juga bisa menjadi alternatif untuk mahasiswa yang ingin bekerja reel, meskipun perlu diakui bahwa berbisnis offline akan jauh lebih menguras tenaga, alasannya kita akan lebih bergerak dan dituntut untuk sempurna waktu, ini terperinci berbeda dengan berbisnis online, dimana kita bisa bekerja dimana saja dan kapan saja.

Meskipun sekilas bisnis offline jauh lebih melelahkan dibanding bisnis online, namun hasil atau uang yang akan didapat juga akan sebanding dengan kerja keras yang Anda lakukan, jadi jangan khawatir.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut yaitu beberapa rujukan peluang bisnis terbaik yang bisa dikerjakan dengan modal kecil, dan tentu saja sangat cocok untuk mahasiswa :

1. Bimbingan Belajar

Mahasiswa itu identik dengan kecerdasan yang tinggi, atau minimal jauh lebih tinggi dari anak SMA. Kepandaian tersebut bisa Anda manfaatkan, salah satunya dengan cara membuka Bisnis Bimbingan Belajar (bimbel).

Sejujurnya, tidak terlalu susah untuk memulai bisnis bimbel, alasannya yang Anda perlu persiapkan hanyalah :

  • Pemilihan jenis bimbel

    Secara garis besar ada dua jenis bimbel yaitu, bimbel klasikal dan bimbel les private. BimBel Klasikal yaitu jadwal bimbingan berguru yang terdiri dari banyak murid (lebih dari 1) dan berada di suatu tempat, sementara untuk pengertian BimBel Private yaitu jadwal bimbingan berguru intensif untuk 1 siswa.

  • Pilih mapel

    Anda harus pandai mengenali potensi atau keahlian yang ada diri Anda, dan pastikan untuk membuka bimbel dengan mapel yang benar-benar Anda kuasai, hal ini penting untuk menjaga kualitas dari bisnis bimbingan berguru yang akan Anda jalankan.

  • Tentukan tarif

    Cara paling sempurna untuk menentukan tarif yaitu dengan mengenali tingkat perekonomian masyarakat. Sebagai rujukan bila Anda berada di daerah perkotaan maka tarif bimbel bisa Anda patok mahal, dan bila di pedesaan Anda bisa memasang tarif lebih murah, bila tidak ingin bisnis bimbel Anda sepi.

Yang paling wajib Anda perhatikan dalam membuka bisnis bimbel gotong royong ada pada pemilihan jenis bimbel, jangan hingga Anda berpusat hanya alasannya uang dan melupakan kemampuan Anda, alasannya semisal Anda menentukan untuk membuka bisnis bimbel klasikal, maka Anda harus siap berhadapan dengan karakter-karakter yang berbeda selain itu Anda juga harus siap menjawab pertanyaan yang keluar dari mereka.

2. Bisnis T-Shirt

Bisnis T-Shirt atau Kao termasuk dalam peluang bisnis modal kecil yang sangat cocok untuk dikerjakan oleh Mahasiswa, pasalnya T-Shirt atau Kaos merupakan salah satu atribut yang paling dicari oleh mahasiswa, alasannya T-Shirt dianggap bukan hanya sebagai pakaian yang melindungi tubuh, tapi seklaigus juga sebagai atribut untuk meningkatkan status sosial seseorang. Makara jangan heran bila seorang mahasiswa rela mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk membeli kaos branded.

Lagi-lagi hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Caranya yaitu dengan mencari supplier kaos oblong yang tepat, yang mempunyai harga murah namun mempunyai kualitas yang bagus.

Setelah dirasa mendapat supplier yang tepat, maka Anda bisa mulai memasarkan T-Shirt tersebut ke teman, sahabat atau organisasi yang ada di Kampus, dan untuk permulaan Anda perlu menggunakan taktik pemasaran khusus biar jualan Anda bisa diterima oleh banyak orang.

Selanjutnya, silahkan kembangkan bisnis T-Shirt tersebut, contohnya dengan membuka Toko Online atau mendirikan Stand khusus untuk memerkan desain dari T-Shirt Anda tersebut.

3. Jasa Fotografi

Pekerjaan yang paling baik yaitu pekerjaan yang didasarkan atas hobi. Inilah yang akan Anda rasakan bila mempunyai hobi Fotografi. Pasalnya, bagi sebagian orang, aktifitas fotografi bukan lagi menjadi hobi melainkan sudah menjadi sebuah profesi.

Memulai bisnis dengan membuka jasa fotografi saya akui memang bukan pekerjaan mudah, dimana Anda dituntut untuk mempunyai jiwa seni bila ingin mendapat hasil foto yang berseni. Makara sebaiknya sebelum terjun ke dalam bisnis fotografi ini, sebaiknya Anda mengambil kursus untuk menjadi fotografer profesional, atau cara lain yang lebih murah (bahkan gratis) yaitu dengan bergabung dengan komunitas fotografi yang ada di kota Anda.

Setelah dirasa mempunyai ilmu fotografi yang cukup, maka saatnya untuk mengatakan jasa fotografi Anda ke sahabat / mahasiswa yang ada di kampus, dengan cara menunjukkan portofolio atau hasil karya yang sudah Anda buat. Disinilah kekreatifitasan Anda dalam menciptakan portofolio yang menarik diuji.

Dari ketiga peluang bisnis offline diatas, saya rasa membuka jasa fotografi yaitu pilihan pekerjaan / bisnis terbaik yang paling sempurna untuk mahasiswa yang ingin bekerja namun terkendala modal / biaya. Karena pada dasarnya untuk menjadi seorang fotografer, maka kita hanya perlu bermodalkan kamera saja, kalau dihitung untuk membeli 1 buah kamera slr / dslr mungkin sekitar 3 - 5 juta, dan untuk selanjutnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, dan hasil / uangnya bisa pribadi Anda nikmati, setiap kali melaksanakan proses pemprotetan. Jika butuh Anda galau ingin memulai Usaha apa, silahkan pelajari cara menemukan Ide Wirausaha Unik Untuk Mahasiswa beserta rujukan perjuangan yang pas untuk mahasiswa muda di Indonesia.

Alternatif lain bila Anda tidak ingin menjalankan bisnis namun tetap ingin mendapat uang, maka solusi terbaik yaitu dengan mencari Info Lowongan Kerja di Situs Penyedia Informasi Lowongan Pekerjaan, kemudian mengirimkan surat lamaran kerja, tapi untuk menciptakan sebuah surat lamaran pekerjaan juga harus sesuai aturan, untuk itu silahkan pelajari Contoh Surat Lamaran Kerja yang sudah saya tulis dengan baik dan benar menurut hukum yang ada.

Namun, tentu saja semua kembali kepada Anda, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan pashion Anda, alasannya bisnis yang didasarkan atas pashion akan menciptakan Anda nyaman dalam bekerja. Tetapi juga harus diperhatikan peluang bisnis tersebut di masa depan, apakah mempunyai prospek elok atau tidak dan yang tak kalah penting Anda juga harus rajin membaca Tips Menjadi Pengusaha Sukses, pada dasarnya kita perlu berguru dari kesuksesan orang lain. Itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google