7 Cara Berilmu Memanfaatkan Twitter Dan Facebook Untuk Bisnis

Sebagian dari pembaca mungkin masih ada yang berfikir bahwa untuk memulai bisnis (dalam hal ini ialah bisnis online) harus mempunyai online shop atau toko online pribadi, padahal kenyataannya tidak demikian, alasannya masih banyak media alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk promosi, tentunya dengan harga jauh lebih murah ketimbang membangun toko online yang notabenya membutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang bisa dibilang tidak gampang dan murah.

Media alternatif yang saya maksud ialah Twitter dan Facebook, kemudian kenapa Twitter dan Facebook ? alasannya sederhana, alasannya kedua media umum tersebut sangat cocok dipakai untuk bisnis terutama dalam hal promosi, dikarenakan adanya pertolongan fitur dari pihak Facebook dan Twitter yang nantinya akan memudahkan kita dalam membuatkan atau bahkan untuk memulai bisnis dari nol.

Agar adil, maka saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian, yaitu terdiri dari :

  • 4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis
  • 3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Bisnis

Kenapa Facebook lebih banyak ? alasannya dari segi fitur dan cara monetisasi (mendapatkan uang) di Facebook jumlahnya lebih banyak.

4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis


Seperti yang kita semua ketahui bahwa Facebook ialah media umum terbesar ketika ini dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milliar. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook diprediksi mencapai 69 juta orang, itu artinya Facebook merupakan media paling sempurna untuk menciptakan omset bisnis Anda meningkatkan drastis baik bisnis secara lokal maupun internasional.

Sejauh yang sata tahu ada 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis dan mendapat uang dari Facebook. Agar tidak kepanjangan mungkin pribadi saja berikut keempat cara memanfaatkan Facebook untuk bisnis.

1. Facebook Ads


Facebook Ads (FB Ads) ialah aktivitas periklanan dari Facebook dan menjadi salah satu fitur unggulan dari Facebook yang sangat digemari oleh para pebisnis atau lebih tepatnya Internet Marketer (IMers), alasannya dengan adanya fitur FB Ads maka memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk / barang secara otomatis.

Tentunya ada harga yang harus dibayar, namun berdasarkan saya pribadi, perbandingan antara harga promosi dan laba yang (mungkin) akan didapat (hampir) bisa dipastikan lebih besar pendapatan (keungan) ketimbang pengeluaran (biaya promosi FB Ads).

Untuk memakai Facebook Ads, Anda bisa pribadi menuju ke https://www.facebook.com/advertising, salah satu syarat memakai fitur FB Ads ialah harus mempunyai akun Facebook terlebih dahulu jikalau belum pelajari cara membuatnya di artikel ini Cara Membuat Akun Facebook.

2. Facebok Group


Jika selama ini Anda hanya memakai group sebagai daerah ngobrol atau diskusi seputar gadget / smartphone, maka mulai kini cobalah untuk merubahnya dengan menjadi fitur / kemudahan group menjadi ladang bisnis baru, contohnya untuk menunjukkan jasa, ya bisa jasa apa saja, misal dengan menunjukkan Barang atau bisa juga jikalau Anda hobi menulis bisa coba-coba dengan menunjukkan Ebook.

Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua group mengijinkan kita untuk melaksanakan promosi, jadi biasakan membaca hukum di group tersebut sebelum berpromosi disana.

3. Facebok Fanpage


Satu lagi fitur gratisan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omset bisnis Anda yaitu Facebook Fanpage (FB FP). Fitur facebook fanpage intinya memang dikhususkan untuk memfasilitasi para pengguna Facebook yang ingin mempromosikan produk mereka, jadi bisa dibilang facebook fanpage ialah 'ruang khusus' untuk mempromosikan maupun mengupload foto produk / barang yang Anda jual.

Lebih dari itu, facebook fanpage juga bisa Anda manfaatkan untuk sarana mendapatkan uang dari facebook, contohnya melalui jasa like, dengan catatan jumlah like di fanpage yang Anda miliki berjumlah ratusan ribu, jadi nanti kita tinggal mempromosikan facebook fanpage client dalam bentuk status, dijamin paling tidak fanpage milik client akan bertambah ratusan atau bahkan ribuan. tips dan trik untuk meningkatkan jumlah like di Fanpage Facebook silahkan pelajari disini Cara Menambah Like Fanpage Facebook.

4. Facebook Hastag


Dari yang saya amati masih banyak penjual yang mengabaikan atau mungkin menganggap remeh hastag. Padahal, jikalau kita bisa memanfaatkan hastag yang ada di Facebook dengan baik, maka bukan mustahil kita bisa meningkatkan penjualan produk sampai berkali-kali lipat.

Ya, alasannya dengan menambahkan hastag yang sempurna pada setiap status yang Anda buat, maka peluang status tersebut dilihat banyak orang akan semakin besar, begitu juga kemungkinan closing / penjualan yang terjadi, bisa dipastikan juga akan meningkat.

Contoh penggunaan Hastag untuk jualan Jilbab :

#hijab
#hijabers
#hijabfashion
#hijabstyle
#hijabselfie

Hastag tersebut menargetkan para pengguna facebook yang memakai jilbab. Orang-orang tersebutlah yang nantinya akan menjadi sasaran pasar Anda.

3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Bisnis


Meskipun twitter berada jauh dibawah Facebook, yakni sekitar 300 juta akun, namun potensi twitter untuk membuatkan bisnis Anda tetap ada, alasannya lebih banyak didominasi pengguna twitter ialah kelas menengah keatas, jadi mereka sudah bersahabat dengan aktifitas bisnis online mirip jual beli online memakai bank / payment processor online mirip PayPal.

Potensi yang begitu besar, harus kita manfaatkan untuk meningkatkan bisnis yang kita jalankan. Mungkin pribadi saja, berikut beberapa pola penerapan fitur yang ada di twitter untun mendorong peningkatan penghasilan bisnis.

1. Twitter Promote


Jika Facebook mempunyai fitur Facebook Ads, maka twitter mempunyai fitur Twitter Promote. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan produk melalui status / kicauan (twit).

Yang menarik dari twitter promote ialah kita tidak hanya akan mendapat peningkatan jumlah penjualan, lebih dari itu kita akan mendapat suplemen follower, alasannya ketika kita melaksanakan promote, maka akun yang kita promosikan juga akan tampil bersama kicauan / twit promosi.

Jika follower Anda sudah banyak, saran saya cobalah untuk mengembangkannya, dan jikalau sudah ada banyak, silahkan buka bisnis jasa buzzer. Apa itu buzzer ? buzzer ialah jasa mempromosikan akun / produk pengguna twitter lain melalui kicauan.

Jasa ini hanya akan laku jikalau Anda mempunyai banyak follower, untuk itu silahkan baca Cara Menambah Follower Twitter.

2. Twitter Trends


Sesuai namanya, fungsi utama dari twitter trends ialah untuk mengetahui 10 hastag terpopuler di suatu negara / dunia. Kaprikornus dengan adanya twitter trends, kita bisa melihat hal-hal terkenal apa yang sedang 'trend' atau 'populer'.

Jika jeli, maka Anda bisa memanfaatkan isu yang disajikan twitter isu terkini untuk membuatkan dan meningkatkan bisnis Anda. Caranya ialah dengan menyertakan hastag yang sedang isu terkini dalam kicauan yang kita buat.

Pastikan bahwa kicauan yang dibentuk benar-benar relevan dengan hastag yang Anda sertakan, alasannya jikalau tidak, maka orang justru akan dianggap spam oleh pengguna twitter lain.

3. Twitter Client


Apa itu twitter client ? twitter client ialah aplikasi twitter berbasis cloud yang dikembangkan oleh para developer web, jadi menyerupai aplikasi fanmade (buatan fans).

Meskipun tidak secara resmi dikeluarkan twitter, namun fitur yang terdapat pada (mayoritas) twitter client akan lebih komplit, sebagai pola ada :

  • Auto Retweet
  • Auto Tweet
  • Auto Follow
  • Schedule Tweet

Singkatnya dengan auto retweet kita bisa me retweet kicauan orang lain, auto tweet untuk menulis tweet secara otomatis, auto follow saya rasa sudah jelas, yaitu untuk memfollow secara otomatis.

Sejujurnya masih banyak cara memanfaatkan twitter maupun facebook untuk bisnis, namun secara garis besar, beberapa poin diatas yang paling vital untuk Anda gunakan.

Baik Facebook dan twitter, keduanya merupakan media umum yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis yang Anda jalankan, jadi pintar-pintar lah untuk memanfaatkan keduanya media umum tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google