Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cek Blog di Google Mobile Friendly Test Tool Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cek blog anda di google mobile-friendly test tool kini juga sebelum terlambat, itulah gotong royong judul yang ingin saya tulis, tapi alasannya terlalu panjang jadi saya singkat saja judulnya.

Kenapa saya menyampaikan demikian ? menyerupai yang kita semua ketahui bahwa sebentar lagi atau tepatnya nanti pada 21 April, Google akan mengeluarkan algoritma terbarunya yang diberi nama Mobbilegeddon.

Ini bukan sekedar hoax atau isu belaka, dikarenakan telah diumumkan secara resmi melalui Official Google Blog yang diberitahukan pada artikel Finding More Mobile-friendly Search Results.

Inti dari artikel tersebut yakni memberitahukan akan ada peluncuran algoritma terbaru Google Mobilegeddon yang dimulai pada tanggal 21 April.

Di artikel ini saya tidak akan menjelaskan ulang apa itu Mobilegeddon, alasannya sudah pernah saya bahas secara lengkap pada artikel sebelumnya yang sanggup Anda baca disini.

Tapi jikalau Anda sedang tidak punya banyak waktu untuk membaca artikel saya sebelumnya, sanggup dimaklumi, jadi disini akan saya jelaskan sedikit wacana tujuan dan pengaruh yang akan ditimbulkan dari peluncuran algoritma Mobilegeddon.

This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results.

Dari pernyataan resmi yang dikeluarkan Google diatas, sanggup disimpulkan bahwa pengaruh dari Algoritma Google Mobilegeddon akan dirasakan oleh seluruh blog dengan banyak sekali bahasa di dunia, khususnya pada hasil pencarian yang dilakukan dari perangkat mobile.

Seolah Google ingin benar-benar merombak susunan peringkat pada hasil pencarian, dimulai dari blog yang paling mobile-friendly hingga yang tidak mobile-friendly.

Lantas, sesudah mengetahui semua itu, apa yang harus dilakukan ?

Ada dua pilihan yang sanggup Anda ambil, mengikuti ajuan Google untuk merubah blog Anda menjadi mobile-friendly atau tetap mempertahankan desain usang yang tidak mobile-friendly dan bersedia mendapatkan akibatnya.

Untuk yang menentukan pilihan kedua, Anda boleh berhenti membaca artikel ini hingga disini, namun jikalau Anda menentukan pilihan pertama, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan guna 'menghadapai' algoritma Mobilegeddon.

1. Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool


Cek Blog di Google Mobile Friendly Test Tool Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang
Kabar baiknya, Google telah menyediakan tool untuk membantu para webmster yang ingin mengecek situs yang dikelolanya apakah sudah Mobile-Friendly atau belum. Tool yang saya maksud yakni Mobile-Friendly Test Tool.

Cara memakai Mobile-Friendly Test Tool dari Google tersebut sangatlah gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Silahkan Anda kunjungi Mobile-Friendly Test Tool.
  2. Masukkan link situs web / blog pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik tombol Analyze dan tunggu beberapa detik hingga proses peninjauan selesai.
  4. Lihat hasilnya apakah situs Anda sudah dianggap mobile-friendly atau belum.

Untuk pengguna template default dari Blogger, khususnya yang minimalis, saran saya tidak perlu melaksanakan pengecekan, alasannya hasilnya sudah niscaya mobile-friendly.



2. Cek Mobile Usability Report pada Webmaster Tool


Cek Blog di Google Mobile Friendly Test Tool Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang
Jujur saya gres tahu fungsi dari tool Mobile Usability Report pada Google Webmaster Tool sesudah saya cari di Google, alasannya selamana ini saat fitur tersbut saya klik, tidak ada report atau hasil apaun, hanya halaman blank berwarna putih.

Saya kurang tahu niscaya apa penyebabnya, namun jikalau Anda ingin mencoba memakai fitur tersebut, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

  1. Log in ke akun Google Webmaster Tool Anda.
  2. Pilih blog yang ingin Anda cek.
  3. Masuk ke sajian Search Traffic.
  4. Klik pada sub-menu Mobile Usability.

Di halaman tersebut (seharusnya) akan ada report mengenai hal-hal apa saja yang harus Anda perbaiki untuk meningkatkan pengalaman yang baik pada pengguna Mobile, misal content not sized to viewport, flash usage dan masih banyak lagi lainnya, lebih jelasnya silahkan Anda cek sendiri.



3. Cek Kecepatan Situs Blog di PageSpeed Insights


Cek Blog di Google Mobile Friendly Test Tool Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang
Lagi-lagi kita akan memakai produk dari Google untuk mengecek sekali lagi memastikan bahwa blog yang Anda kelola benar-benar sudah mobile-friendly dan siap untuk menghadapai algoritma Mobilegeddon.

Cara penggunaan Google PageSpeed Insights tidak jauh berbeda dengan Google Mobile-Friendly Test Tool.

  1. Buka halaman PageSpeed Insights.
  2. Masukkan alamat / url situs blog Anda.
  3. Klik Analyze untuk memulai proses scanning blog.
  4. Perhatikan pada hasil User Experience.

Pastikan hasil User Experince template mobile pada blog Anda mendapatkan skor diatas 90 atau syukur-syukur sanggup 100. Karena jikalau dibawah itu, maka blog tersebut sanggup dianggap sebagai blog yang tidak mobile-friendly oleh Google dan bukan mustahil saat nanti peluncuran perdana dari algoritma Mobilegeddon, blog Anda mengalami penurunan peringkat.

Bukan bermaksud menakut-nakuti, alasannya saya sendiri juga tidak tahu niscaya akan hal tersebut, yangmana ini semua hanyalah sebuah prediksi, tetapi bukankah lebih baik jikalau kita mengantisipasi.

Saya eksklusif tidak ingin menantang siapapun atau dalam hal ini yakni Google, jadi mari kita ikut aturannya selama itu masih masuk nalar dan mungkin untuk dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google