Kerja Part Time Dengan Menjadi Freelancer Di Internet

Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet

Kerja menjadi freelancer online sekilas memang terlihat santai dan tak menguras banyak waktu, hal tersebut memang benar adanya, alasannya yakni jam kerja para pekerja freelance yang sangat fleksibel, memungkinkan mereka untuk bekerja kapanpun yang beliau mau.

Namun, jangan salah, bahwa freelancer atau seorang yang bekerja secara part time (paruh waktu), tak sedikit pula ada yang mengeluh alasannya yakni dikejar-kejar deadline, hal ini terjadi alasannya yakni mereka seringkali tidak bisa mengontrol diri, beberapa job diambilnya sekaligus dan pada balasannya berujung pada molornya deadline.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, disini saya akan membuatkan tips kepada Anda bagaimana cara menjadi freelancer yang baik. Sebagai isu saja, maksud dari freelancer yang baik disini yakni para pekerja freelance yang mempunyai reputasi baik.

Artikel ini saya khususkan untuk Anda yang sudah lulus perkuliahan (memiliki skill) namun tak kunjung menerima panggilan kerja, maka solusi praktisnya yakni dengan menyambi kerja sebagai seorang pekerja freelance.

Cukup basa-basinya, eksklusif saja, berikut langkah-langkah yang harus sebaiknya Anda lakukan untuk menjadi freelancer online yang baik.

1. Pilih Jenis Profesi Freelance


Ada aneka macam macam jenis profesi freelance yang ada di internet, kiprah Anda yakni menentukan salah satunya dan pastikan bahwa pilihan tersebut sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang Anda miliki.

Saya beri pola 3 pekerjaan freelance yang cukup terkenal dan mempunyai banyak peminat :

  • Penulis Lepas (artikel, ebook, dll)
  • Designer (desain logo, template, dll)
  • Developer (web, game, dll)

Masih banyak pilihan profesi freelance yang lain dan Anda bebas untuk memilihnya, namun sekali lagi pastikan bahwa Anda bisa untuk menuntaskan tiap job tersebut hingga deadline atau waktu yang sudah ditentukan.


2. Buatlah Curriculum Vitae (CV)


Anda bisa mulai menciptakan CV di situs LinkedIn, isi semua data diri Anda, mulai dari riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dam bila ada tamabhkan pula proyek (besar / kecil) yang pernah Anda kerjakan.

Panduan mendaftar dan menciptakan akun di LinkedIn sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, kalau dirasa penting Anda bisa membaca artikel tersebut dengan mengklik tautan berikut ini Cara Membuat Akun LinkedIn.

Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet

Itu semua akan membantu Anda untuk menaikkan reputasi di mata para pencari jasa freelance. Karena intinya tidak ada orang yang mau memperkerjakan seorang anonim, jadi pastikan Anda memakai foto profil orisinil dan mengisi data diri secara lengkap.

Contoh pembuatan daftar riwayat hidup yang unik dan menarik juga pernah saya jelaskan pada artikel Contoh CV dengan Desain Menarik, menariknya lagi bukan hanya panduan menciptakan cv yang berikan, pola cv yang saya buat dalam format docx juga bisa Anda download secara cuma-cuma.

3. Mulailah Membangun Portofolio


Portofolio merupakan syarat wajib yang harus Anda persiapkan kalau ingin menerima banyak anjuran kerja, alasannya yakni hampir setiap pencari jasa freelance selalu menanyakan terlebih dahulu portofolio dari para calon freelancer yang akan ia pekerjakan.

Hal tersebut bertujuan untuk melihat layak atau tidaknya si freelancer untuk dijadikan sebagai rekan kerja.

Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet Kerja Part Time dengan Menjadi Freelancer di Internet

Semakin kreatif portofolio yang Anda buat maka semakin besar dan semakin banyak pula anjuran kerja yang akan menghampiri Anda, hal ini dikarenakan para pemilik proyek menyakini bahwa Anda yakni orang yang sempurna untuk membantunya menuntaskan proyek.


4. Kunjungi Situs Marketplace Freelance


Situs marketplace yang mempertemukan antara freelancer dan penyedia proyek yang cukup terkenal ketika ini yakni freelancer.com. Sebenarnya masih banyak situs marketplace lain yang tak juga bisa Anda kunjungi untuk mencari para pemberi kerja.

Berikut beberapa pola situs marketplace freelance terbaik yang patut untuk dikunjungi :


Dari ketiga situs marketplace diatas, elance lah yang paling saya rekomendasikan untuk para freelancer pemula, alasannya yakni banyaknya job list yang tersedia disana.


4. Selesaikan Pekerjaan Secara On-Time


Menyelesaikan pekerjaan secara on-time akan membantu Anda untuk mendapatkan reputasi bagus. Pada beberapa situs marketplace ibarat Odesk contohnya, reputasi dipakai sebagai indikator oleh para pencari jasa freelance dalam menemukan freelancer yang dianggapnya tepat.

Jadi, meskipun Anda mempunyai keahlian yang hebat namun kalau setiap project yang Anda kerjakan tidak pernah selesai sempurna waktu, maka bersiaplah untuk mendapatkan reputasi jelek yang pada balasannya akan menciptakan para pencari jasa freelance untuk berfikir dua kali sebelum memperkerjakan Anda.

Tak hanya itu, reputasi juga dipakai untuk menaikkan tarif seorang freelancer. Semakin anggun reputasi freelancer maka semakin besar pula upah yang akan ia dapatkan.

Sebagai citra saja, rata-rata seorang pekerja freelance dengan reputasi anggun memasang tarif puluhan hingga ratusan dollar perjam-nya. Atau lebih jelasnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.


Kisaran tarif pada gambar diatas, selain didasarkan oleh bidang pekerjaan juga ditentukan oleh banyak hal, ibarat reputasi freelancer, usang deadline dan job desk.

5. Belajar Dari Para Ahli


Belajar dari para freelancer yang lebih dulu sukses yakni cara paling sempurna untuk membantu memudahkan Anda dalam meraih kesuksesan di bidang freelancing.

Seperti diketahui bahwa ketika ini ada banyak para pekerja freelance dari indonesia yang sangat sukses dan tak lupa membagi tipsnya sesama para freelancer. Seperti misalnya, Anggi Krisna (Founder iCreativeLabs) yang menyampaikan bahwa "lima tahun yakni waktu yang cukup untuk mulai mengembangkan karir seorang freelancer ke dalam fase berikutnya, yaitu dengan mulai membangun startup baru."

Selain itu kita juga bisa berguru dari Awan Rimbawan (Founder 21Clouds) dimana ia menyampaikan "satu-satunya modal yang Anda butuhkan untuk menjadi freelancer yakni waktu dan impian untuk belajar. Setiap hebat berasal dari seorang pemula. Setiap veteran bermula dari seorang prajurit."


Itulah sedikit tips bagaimana cara menjadi freelancer di internet, dimana intinya freelancing merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang menurut perjuangan kita. Ini artinya, kalau Anda bekerja sedikit, maka Anda akan berpenghasilan lebih sedikit. namun kalau Anda bekerja lebih, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan akan jauh lebih besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google