Apa Itu E-Commerce ? Pengertian, Manfaat & Pola Bisnis Ecommerce

 khususnya mereka yang berada di tempat perkotaan Apa itu E-Commerce ? Pengertian, Manfaat & Contoh Bisnis eCommerce

Masyarakat dunia, termasuk Indonesia, khususnya mereka yang berada di tempat perkotaan, tentu tidak akan bisa dilepaskan dengan yang namanya internet, alasannya ialah hampir segala aktifitas yang mereka lakukan selalu melibatkan internet. Jadi, tak heran kalau internet sekarang menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian kalangan, terutama mereka yang memakai internet untuk keperluan bisnis atau sering disebut bisnis E-Commerce.

Terdapat beberapa aplikasi yang dipakai untuk mendukung aktifitas E-Commerce, beberapa diantaranya ialah :

  • E-mail
  • Online Shop
  • Online Banking

Selain aplikasi E-Comerce, tentunya Anda (pelaku bisnis) dan Pembeli (konsumen) juga membutuhkan perangkat untuk mengaksesnya ibarat gadget / laptop / komputer.

Kembali ke topik, disini saaya akan membagi artikel ini menjadi 4 Bagian, terdiri dari :

  1. Pengertian E-Commerce
  2. Manfaat E-Commerce
  3. Contoh E-Commerce
  4. Tools E-Commerce

Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu dari ketiga klarifikasi mengenai bisnis E-Commerce diatas.

Pengertian Bisnis E-Commerce


Bicara mengenai bisnis E-Commerce, sudah tahukah Anda apa itu E-Commerce ? E-Commerce atau eCommerce ialah kependekan dari Elektronik Commerce, kalau diartikan secara harafiah, maka arti E-Commerce ialah Perdagangan Elektronik, meskipun artinya ialah 'dagang elektronik' lantas jangan Anda artikan bahwa bisnis E-Commerce selalu berkaitan dengan penjualan barang elektronik, itu tidak benar, alasannya ialah pengertian bisnis E-Commerce yang sesungguhnya ialah transaksi jual-beli yang dilakukan memakai mediator alat elektronik, dalam hal ini ialah gadget / komputer yang terkoneksi dengan internet.

Dari klarifikasi singkat diatas, saya harap Anda sudah paham betul pengertian ihwal apa yang dimaksud dengan bisnis E-Commerce. Selanjutnya kita akan mencoba mengulas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan kalau menjalankan bisnis berbasis E-Commerce.

Manfaat Bisnis E-Commerce


Beberapa manfaat penting yang bisa didapat dari bisnis E-Commerce ialah bisa menekan biaya barang dan jasa serta sanggup memberikan info dengan sangat cepat.

Biaya barang dan jasa yang lebih murah serta kecepatan pelayanan yang diberikan, tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada kesudahannya juga akan berdampak pada meningkatnya pendapatan bisnis Anda.

Diatas ialah manfaat bisnis E-Commerce yang didapat oleh penjual (seller), sementara manfaat bisnis E-Commerce yang didapat pembeli (buye) tentu akan jauh lebih banyak, diantaranya ialah :

  • Mencari produk lebih cepat
  • Menghemat waktu dan biaya perjalanan
  • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja
  • Mudah dalam melaksanakan pembayaran

Intinya, baik dari sisi penjual maupun pembeli akan sama-sama mendapat untung / manfaat dari bisnis E-Commerce.

Contoh Bisnis E-Commerce


Ada aneka macam macam referensi atau jenis-jenis bisnis E-Commerce, namun secara garis besar bisnis E-Commerce dibedakan menjadi 3 Model, ketiga model bisnis E-Commerce yang saya maksud tersebut ialah :

  1. E-Commerce C2C (Customer to Customer)

    Salah satu referensi bisnis E-Commerce C2C ialah website marketplace. Marketplace ialah jenis bisnis E-Commerce yang menyediakan kemudahan berupa tempat promosi dan aktifitas transaksi uang kepada pelanggan. Dengan kata lain, bisnis eCommerce berbasis marketplace memiliki fokus utama untuk memfasilitasi para penjual.

    Bisnis E-Commerce dengan model Marketplace sangat terkenal di internet dan sudah ada banyak sekali situs-situs yang mengadopsinya, ibarat :

    • Flippa
    • oDesk
    • eBay

    Situs Marketplace di Indonesia juga ada banyak, sebagai referensi ialah Tokopedia dan Elevania.

  2. E-Commerce Business To Business (B2B)

    E-Commerce Business To Business ialah jenis bisnis eCommerce yang dilakukan antara dua belah pihak yang saling menguntungkan dan biasanya dilakukan secara berkelanjutkan.

    Contoh model bisnis E-Commerce B2B ialah dua perusahaan yang saling melaksanakan transaksi jual beli.

  3. E-Commerce B2C (Business to Consumer)

    Jenis E-Commerce B2C ialah memberikan barang eksklusif ke konsumen.

    Contoh penerapan bisnis E-Commerce B2C ialah toko online, dimana konsumen bisa eksklusif berkomunikasi dengan pelaku bisnis (penjual).

Secara garis besar, ketiga referensi model bisnis E-Commerce diataslah yang paling sering dipakai oleh para pelaku bisnis E-Commerce di Indonesia. Meskipun perlu diakui masih ada bentuk / macam bisnis eCommerce lain ibarat Classifieds dan Shooping Mall, namun sayangnya tidak terlalu populer.

Tools E-Commerce


Untuk mendukung kelancaran bisnis E-Commerce yang Anda jalankan, ada beberapa tool online yang patut untuk dicoba. Berikut 3 Tool eCommerce Online yang saya rekomendasikan untuk Anda coba :

  • Google Adwords Keyword Planner

    Keyword Planner ialah tool internet marketing online dari Google yang menyediakan kemudahan untuk melaksanakan riset mengenai jumlah dan tingkat persaingan dari sebuah barang / produk tertentu.

  • Google Analytic

    Bagi pemilik online shop, sangat saya sarankan untuk memasang tool yang satu ini, alasannya ialah dengan memasang Google Analytic di online shop, maka kita bisa mengidentifikasi sikap konsumen, yang nantinya bisa kita gunakan untuk menciptakan perbaikan.

  • Mail Chimp

    Mail Chimp ialah tool untuk membantu Anda dalam melaksanakan email marketing. Kenapa harus email marketing ? alasannya ialah menurut pengalaman, konversi dari email marketing bisa hingga 70%, artinya kalau kita jualan memakai email, maka peluang terjadi closing (penjualan) sangat tinggi.

Selain ketiga tool E-Commerce yang sebutkan diatas, tentunya masih banyak tool gratis lain yang bisa Anda gunakan, untuk mendapat info selengkapnya mengenai apa saja tool yang bisa mendukung kelancaran Anda dalam menjalankan bisnis E-Commerce, silahkan baca disini.

Kesimpulan


Dari apa yang saya tulis diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa definisi singkat dari eCommerce ialah pemasaran barang / jasa melalui barang elektronik. Manfaat bisnis eCommerce ialah untuk menghemat biaya. Saat ini terdapat 3 jenis eCommerce di Indonesia yaitu Customer to Customer (C2C), Business To Business (B2B) dan B2C (Business to Consumer). Untuk meningkatkan produktifitas pada bisnis eCommerce yang Anda jalankan bisa dengan cara memanfaatkan tool online ibarat Google Analytic, Adwords dan MailChimp.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Sukses Berguru Cara Memasarkan Produk Yang Baik

Edukasi Berakal Berinvestasi

Tips Berguru Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif