7 Taktik Pemasaran Online Yang Paling Efektif Dan Efisien

 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Dalam dunia marketing atau pemasaran online, yang saya tahu ada dua hal penting yang harus dikuasai, yaitu ihwal bagaimana cara memasarkan produk secara efektif dan efisien. Mungkin, ada sebagian dari Anda yang bertanya 'apa sih pemasaran efektif dan efisien itu ?'. Oke saya akan jelasakn terlebih dahulu mengenai kedua istilah yang sangat akrab kaitannya dengan marketing tersebut.

Versi KBBI :

Efektif ialah sanggup membawa hasil
Efisien ialah sempurna atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya

Versi SAYA :

Efektif ialah manjur (ampuh)
Efisien ialah tidak berlebihan (hemat)

Mudahnya efektif ialah segala sesuatu yang berafiliasi dengan bekerja atau tidaknya taktik tersebut, sementara efisien berafiliasi denga biaya dan tenaga.

Kaprikornus sanggup disimpulkan, seorang Internet Marketers, sudah selayaknya menguasai taktik atau cara pemasaran online yang efektif dan efisien, guna mendapat sasaran yang sempurna serta untuk memangkas biaya dan waktu promosi.

Dalam dunia marketing, efektif dan efisien diartikan sebagai :

  • Efektif = Tepat sasaran
  • Efisien = Hemat biaya promosi

Namun, yang jadi persoalan adalah, tidak banyak dari kita yang mengetahui menyerupai apa pemasaran online yang efektif dan efisien itu. Untuk itulah di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan 7 Strategi Pemasaran Online yang akan membantu Anda untuk memasarkan produk secara efektif dan efisien.

1. Riset Barang dan Pasar


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Strategi pertama sebelum Anda melakukan pemasaran online ialah menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memfikirkan apakah kita sanggup menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan hias, riset pasar yang harus Anda lakukan ialah mencari tahu berapa banyak peternak ikan cupang yang ada di sekitar lingkungan Anda, dan kalau persaingan tidak terlalu ketat, maka riset kedua ialah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah sanggup menyediakan ikan cupang yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing Anda tersebut ?

Jika Anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan riset untuk barang yang lainnya, alasannya ialah kalau Anda memakasa untuk berbisnis ikan, namun pesaing Anda mempunyai barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik dari yang akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan sanggup rugi.

2. Gali Kebutuhan Konsumen


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Dalam melaksanakan riset, kiprah Anda bukan hanya mencari barang yang mempunyai laba besar saja, melainkan Anda juga harus melaksanakan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen, sebagai teladan daripada Anda menjual ikan arwana supper red (karena laba yang didapat besar) namun orang disekitar Anda yang misal notabenya ialah pemelihara burung, maka sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan dibeli, alasannya ialah konsumen Anda tidak membutuhkan ikan tersebut, dan akan berbeda ceritanya kalau Anda eksklusif menanyakan ke konsumen, mengenenai ikan jenis apa yang ia butuhkan, contohnya tetangga Anda tersebut menjawab ikan guppy.

Maka berusahalah unutk memasarkan ikan guppy, ini akan lebih efektif alias sempurna sasaran, alasannya ialah konsumen Anda terang membutuhkan ikan guppy untuk dijadikan pakan ternaknya (burung). Dan akan sia-sia saja kalau Anda memaksa untuk menjual ikan arwana, jadi disinilah pentingnya untuk mencari tahu kebuhan konsumen sebelum memasarkan produk.

3. Bijaklah Dalam Memberikan Solusi


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Jika dikala melaksanakan pemasaran produk Anda mengalami persoalan pada calon pembeli yang mempermasalahkan mengenai mahalnya harga barang yang Anda jual, jangan hingga Anda terburu-buru unutk menurunkan harga, pertama-tama cobalah untuk mengatakan solusi kepada calon pelanggan Anda tersebut, sebagai teladan Anda sanggup memakai kata-kata dibawah ini :

Pak / Bu harga yang mahal merupakan harga yang relatif, alasannya ialah kalau Bapak / Ibu membeli barang dengan harga yang murah maka akan kualitas yang didapat pun juga akan berbanding lurus dengan harga alias cepat rusak. dan kalau dihitung hitung maka pengeluaran yang akan Bapak / Ibu keluarkan akan sama saja

Initnya ialah memakai kata yang bijak, jangan hingga Anda terkesan menipu calon pemebeli tersebut, kalau harga yang Anda patok mahal dari harga pasaran, maka jelaskan apa yang menciptakan barang tersebut mempunyai harga yang lebih tinggi, dan dengan begitu calon pemebeli akan mengerti dan mungkin akan tetapkan untuk membeli.

4. Gunakan Email Untuk Promosi


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Jika Anda sering berkunjung ke website atau blog orang bule yang membahas ihwal tutorial, maka hampir semuanya selalu mengatakan kotak email di bab sidebar, yang rata-rata beruliskan Follow by Email. Normalnya kalau Anda memasukkan alamat email Anda dan tetapkan untuk menjadi subcriber, maka email yang dikirim ke Anda ialah pemberitahuan mengenai update terbaru dari situs tersebut.

Sebagai teladan Anda berlanggan email dari situs Berguru SEO, maka setiap kali blog ini update maka yang email yang dikirimkan ke email Anda ialah sebuah pesan yang berisi update terbaru ihwal blog ini dalam bentuk artikel mentahan.

Dan kalau jeli sesungguhnya Anda sanggup memanipulasi hal tersebut, dengan menyebabkan pesan dari email yang seharusnya berisi pemberitahuan update menjadi email yang berisi promosi atau pemasaran online barang dagangan Anda, tentu ini akan lebih efektif. Caranya ? ilmu ini saya pelajari dari ebook gratis yang dibagikan oleh mas Syamsul Alam (makasih mas) dimana ia menjelaskan bahwa kita sanggup memanipulasi feed pada sebuah kotak email di suatu blog dengan feed dari blog lain (khusus untuk promosi).

Sebagai teladan Anda punya 2 Blog :

  • Blog A (blog utama) dan,
  • Blog B (blog promosi)

Saat Ada pengunjung yang memasukkan emailnya dengan tujuan berlanggan news feed dari Blog A, maka Anda sanggup memanipulasinya dengan mengubahnya untuk berlanggan di Blog B, jadi pengunjung yang awalnya menyangka akan mendapat newsfeed dari Blog A, tidak tahu kalau dirinya sesungguhnya telah berlanggan newsfeed dari Blog B.

Selanjutnya silahkan Anda buat posting atau artikel di Blog B yang berisi promosi atau pemasaran online, maka secara otomatis, para subcribers akan mendapat email promosi di akun atau kotak masuk mereka, sebuah cara pemasaran online yang sangat efektif dan efisien bukan ?

5. Pilih Kalimat Closing Yang Tepat


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Closing ialah bab terpenting dalam dunia marketing, alasannya ialah perjuangan Anda akan ditentukan pada tahap ini, apakah promosi Anda akan sia-sia atau tidak. Karena kalau Anda salah sedikit saja dalam menentukan kalimat closing yang benar dam berpotensi untuk memojokkan calon pembeli, maka jangan menyesal kalau calon pembeli tersebut kabur.

Beberapa teladan kata yang salah dikala closing ialah :

Kaprikornus beli atau tidak ?
Mau, beli kini atau besok ?

Usahakan hindari memakai kata-kata tersebut, dan cobalah untuk menggantinya dengan kata-kata berikut ini :

Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa hingga besok pak

Yang harus ditekankan pada teknik closing ialah yakinkan pelanggan untuk melaksanakan pemesanan secepatnya, alasannya ialah kalau diulur-ulur, akan sangat berpotensi pelanggan berubah pikiran.

6. Lakukan Promosi Silang


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Yang saya maksud promosi silang disini ialah memperlihatkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk pertama yang Anda jual. Misal dikala pembeli tetapkan untuk membeli sebuah helm, maka jangan hanya memperlihatkan helm saja, cobalah untuk memperlihatkan barang lain menyerupai sarung tangan atau masker.

Namun pastikan barang yang Anda tawarkan saling berkaitan dan jangan hingga ada orang yang membeli helm tapi malah Anda tawarkan komputer, itu tidak akan maksmal.

7. Berikan Layanan After Sales


 Dalam dunia marketing atau pemasaran online 7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Seorang Internet Marketers atau pemasar online, wajib untuk meguasai yang namanya layanan After Sales, alasannya ialah tidak sedikit yang menggap tugasnya sudah tamat ketika telah berhasil menjual suatu barang, padahal kalau kita mau mengatakan pelayan ekstra maka, bukan mustahil pelanggan tersebut akan kembali membeli barang kita, dan bahkan sanggup menjadi pelanggan tetap.

Ketujuh Strategi atau Cara Pemasaran Online yang saya sampaikan diatas hanyalah secuil ilmu marketing yang ada di Internet, alasannya ialah memang pada dasaranya ilmu pemasaran online itu sangat luas alias banyak sekali. Namun saya yakin, kalau Anda menerapkannya dengan baik dan benar, saya yakin penjualan online akan meningkat.

Sebenarnya ada satu cara lagi yang cukup baik utnuk meningkatkan keefektifan pemasaran online Anda, yaitu dengan memasarkan produk melalui Toko Online, alasannya ialah dengan adanya toko online maka mengambarkan bahwa Anda serius dalam menjual sebuah produk, jadi tidak hanya melalui BBM atau Sosial Media saja. Untuk Anda yang tertarik dan ingin menciptakan toko online, silahkan baca panduan lengkap bagaimana menciptakan toko online secara gratis, di artikel ini Cara Membuat Toko Online.

Sementara itu dulu yang sanggup saya sampaikan, maaf kalau tidak terlalu membantu, alasannya ialah memang ilmu yang baik itu ialah ilmu yang kita pelajari sendiri di lapangan, jadi dari try and error lah ilmu pemasarn online yang sesungguhnya akan Anda dapat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Affiliate Amazon

Menjadi Miliarder Dari Fbs

Edukasi Berakal Berinvestasi