2 Cara Memperbaiki Ram Yang Rusak Menurut Penyebabnya

 Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya
Cara Memperbaiki RAM

Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca, dan untuk mengatasi atau memperbaikinya tentu harus kita lihat terlebih dahulu apa penyebabnya, menyerupai orang sakit harus kita cari tahu terlebih dauhulu apa penyakitnya, kemudian selanjutnya barulah diberi obat untuk menyembuhkannya, begitu pula dengan RAM, kita harus mengetahui apa penyebab RAM tersebut rusak, apakah lantaran sudah renta atau ada kesalahan dikala memasangnya ?

Hal tersebut penting kita ketahui lantaran jikalau salah penanganan bukan sembuh yang didapat, malah sanggup saja RAM menjadi Rusak Total. Untuk mengetahui penyakit yang ada di RAM, kita sanggup memakai fitur bawaan yang ada di Windows, dengan cara membuka Memory Diagnostic. Fitur ini sanggup Anda saluran melalui Control Panel, caranya :

 Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya  Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya


Klik Settings kemudian pilih Control Panel dan di kotak pencarian ketikkan Memory selanjutnya silahkan klik Diagnose your computer's memory problems.

Dengan begitu maka PC (Komputer atau Laptop) Anda akan melaksanakan investigasi kesehatan sekaligus mencari solusi jikalau terdapat duduk perkara pada RAM. Proses ini berlangsung cukup usang lantaran Anda harus merestart PC Anda terlebih dahulu, barulah proses pengecekkan akan berjalan.

Baca Juga
 Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya Cara Menambah RAM Laptop

Bukan hanya PC / Komputer saja yang sanggup kita upgrade RAM, Laptop pun sekarang juga sudah sanggup Anda tambah kapasitas RAM-nya, bahkan sanggup ditambah hingga 8GB

Sejauh yang aku tahu ada berbagai penyebab RAM rusak, diantaranya yaitu :

  1. Tidak Menempel
  2. Tidak Cocok

Ada dua kemungkinan atau penyebab sebuah RAM rusak, dan selanjutnya aku akan menjelaskan secara detail bagaimana Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak menurut penyebabnya tersebut.

Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak lantaran Tidak Menempel


 Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya

Pastikan IC (kaki-kaki) RAM yang berwarna kotak hitam, haruslah melekat dengan benar, selanjutnya silahkan Anda hidupkan lagi apakah RAM sudah terbaca atau belum. Namun jikalau masih tidak terbaca maka silahkan Anda coba untuk membersihkan slot RAM dengan penghapus pensil (berwarna putih), gosok perlahan dan selanjutnya jangan hingga tangan Anda bersentuhan dengan slot RAM lantaran itu akan berpotensi menjadikan slot RAM kotor lagi.

Setelah Anda yakin slot RAM tersebut sudah bersih, maka langkah selanjutnya yaitu memasang kembali RAM dan mencobanya. Jika Anda melaksanakan penggosokan dengan benar, maka sanggup dipastikan RAM akan terbaca kembali.

Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak lantaran Tidak Cocok


 Terkadang kita dibentuk resah jikalau RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca 2 Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak Berdasarkan Penyebabnya

Membeli sebuah RAM dihentikan sembarangan, kita wajib menyesuaikan jenis slot pada Mobo dengan RAM yang akan kita beli. Sebagai contoh, jikalau Mobo kita memakai DDR3, maka kita juga harus membeli RAM yang beripe DDR3 jangan hingga kita salah membeli yang jenis atau tipe DDR2, lantaran efeknya sanggup fatal yaitu RAM tidak akan terbaca oleh Komputer.

Dan jikalau Anda mengalami gagal booting, maka hal tersebut juga sanggup disebabkan oleh RAM. Karena idealnya jikalau Anda memakai dua buah RAM (dual channel) maka sebaiknya gunakan RAM yang clocknya 800mhz atau PC6400. Jika lebih dari itu akan berpotensi mengakibatkan kompute r rusak atau istilah teknisnya Fail Booting.

Pengalaman aku memakai penghapus yaitu cara paling efektif, murah dan cepat untuk mengatasi ataupun memperbaiki RAM yang rusak atau tidak terbaca.

Ciri Ciri RAM Komputer Rusak


Dan untuk Anda yang masih resah untuk membedakan apakah RAM tersebut rusak atau tidak, maka Anda sanggup mengetahuinya dengan melihat gejalanya, dan berikut ciri-ciri RAM yang mengalami kerusakan.

  • RAM berbunyi Nyaring

    Akan keluar bunyi dikala Anda melaksanakan booting, dan pada pecahan kipas akan terdengar bunyi "krek krek krek" atau terkadang juga muncul bunyi "beep error code" yang menerangkan RAM sudah rusak parah, atau tingkat kerusakannya sudah mencapai 30% dan mungkin akan sulit untuk diperbaiki.

  • Komputer sering Restart

    Jika komputer sering mengalami restart, maka sanggup jadi RAM Anda telah rusak, hal ini disebabkan oleh tidak kuatnya RAM atau RAM tidak sanggup bekerja secara maksimal sehingga proses membaca atau menampung seluruh perintah yang ada tidak sanggup dijalankan dan menimbulkan RAM memaksa komputer untuk restart.

  • Komputer tidak mau Booting

    Gejala ketiga yaitu komputer tidak mau melaksanakan Booting, jadi hanya terdengar bunyi kipas namun tidak terjadi booting, hal ini menerangkan bahwa RAM kita rusak, namun masih dalam tahap wajar, lantaran tidak ada bunyi gila yang keluar dari RAM maupun kipas yang artinya hampir semua berjalan normal.

Jika Anda menemui salah satu dari ketiga tanda-tanda mirip yang aku sebutkan diatas, maka sanggup dipastikan bahwa komputer Anda mengalami kerusakan RAM. Dan solusinya mirip yang aku sebutkan diaats yaitu sanggup dengan cara membersihkannya memakai penghapus pada pecahan slot RAM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google