Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis

Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis

Dropship baju online merupakan istilah yang paling sempurna untuk menggambarkan keseluruhan dari artikel ini. Karena intinya dengan menjadi dropshipper maka kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk atau dalam hal ini yaitu baju, alasannya yaitu semua sudah diatur oleh supplier, jadi kiprah kita sebagai seorang dropshipper hanya perlu memikirkan bagaimana cara menjual baju tersebut di internet, dengan sistem ibarat itu maka kita bisa memulai bisnis jual baju online secara gratis tanpa modal.

Masalahnya, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara menjalankan bisnis dropship baju ini, alasannya beragam, ada yang masih gundah cara mencari supplier bahkan tak sedikit yang tidak mengerti bagaimana cara memasarkan baju yang akan mereka jual.

Nah, melalui artikel ini saya berniat untuk mengembangkan pengalaman dalam memulai bisnis dropship, khususnya yang berkaitan dengan cara menjual barang secara online.

Jika ingin terjun ke dalam bisnis dropship, tentu Anda harus mencar ilmu mengenal istilah-istilah yang sering dipakai di dalam dunia dropship / jual beli online, sebagai pola beberapa kata berikut ini :

  • Supplier yaitu orang yang menyediakan barang
  • Landing Page yaitu halaman web yang dibentuk untuk menyakinkan buyer
  • Estimate Day yaitu asumsi hari (waktu) barang pesanan hingga ke pembeli
  • Resi yaitu nomor bukti pengiriman barang
  • Price List yaitu daftar harga jasa pengiriman barang ke daerah tujuan

Kelima istilah diataslah yang harus kita pelajari kalau ingin sukses dalam menjalankan bisnis jual baju online. Selanjutnya, kita akan masuk pada tahapan dalam memulai bisnis dropship baju.

1. Pilih produk yang tepat


Dalam memulai binis dropship baju, melaksanakan riset merupakan hal mutlak yang harus dilakukan sebelum menentukan produk apa yang ingin Anda jual.

Ada banyak tool gratisan yang bisa digunakan, untuk membantu Anda dalam melaksanakan riset produk. Namun, dari sekian banyak tool yang ada, pilihan saya jatuh pada 2 tool online buatan Google.


Google Keyword Planner sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari gosip secara detail mengenai suatu produk, mulai dari jumlah pencarian perbulan hingga saran produk lain yang berkaitan dengan produk utama, sebagai pola Anda ingin melaksanakan riset produk 'baju muslim', maka secara otomatis Google Keyword Planner akan menampilkan data lengkap ihwal kata kunci 'baju muslim' beserta kata kunci turunannya ibarat 'baju muslim gamis' / 'baju muslim glamour' dll.

Sementara untuk Google Trend merupakan tool untuk menampilkan hasil mengenai demam isu / kepopuleran dari tahun ke tahun. Contoh kalau Anda memasukkan kata kunci 'baju muslim' maka akan muncul tingkat kepopuleran dari kata kunci 'baju muslim' dari tahun 2003 hingga tahun 2015 (sekarang), dari situs kita bisa mengamati apakah produk yang berkaitan dengan baju muslim mengalami peningkatan atau justru penurununan.

2. Mencari supplier yang tepat


'supplier yang sempurna itu yang ibarat apa ?' tentunuya mereka yang memperlihatkan harga termurah (dengan kualitas sama) dan yang tak kalah penting yaitu supplier bisa dikatakan 'baik' kalau mereka sudah usang menjadi supplier. Karena nantinya kita bisa melihat trackrecord dari si supplier apakah mempunyai trackrecord yang cantik atau buruk, dan dari situlah bisa kita jadikan sebagai indikator apakah supplier tersebut sempurna atau tidak.

Salah satu metoda untuk mencari supplier baju, salah satunya yaitu dengan cara Googling atau mencari supplier baju di Google. Untuk detailnya cara mencarinya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka Google.com / Google.co.id
  2. Ketikkan 'supplier baju' / 'reseller baju' / 'dropship baju'
  3. Buka satu per satu situs di halaman satu

Dengan begitu kita akan mendapat berbagai daftar calon supplier, nantinya tinggal diseleksi mana yang supplier yanng terbaik. Selain memakai Google, kita juga bisa memanfaatkan media umum / lembaga online untuk mencari supplier.

3. Kenali jenis baju yang akan dijual


Dalam bisnis dropship baju, kita tentu tidak bisa secara eksklusif mengecek kualitas dari baju yang akan kita jual, alasannya yaitu baju eksklusif dikirim ke konsumen tanpa mampir ke rumah kita terlebih dahulu. Solusi untuk mengatasi problem ini yaitu dengan menanyakan kualitas atau lebih tepatnya jenis baju tersebut ke supplier. Sekedar gosip saja bahwa ada 3 jenis baju yang beredar di pasaran.

  • Merk 3D : harga Murah, kualitas Buruk
  • Merk FJ : harga Sedang, kualitas Biasa
  • Merk Q95 : harga Mahal, kualitas Bagus

Pilihlah mana jenis baju sesuai dengan pasar yang ditargetkan, sebagai pola kalau pasar Anda yaitu mahasiswa maka saran saya cukup pilih brand 3D saja, alasannya yaitu notabenya para mahasiswa hanya peduli dengan desain baju yang mereka beli, ketimbang kualitasnya, hal ini berbanding terbalik, kalau pasar kita yaitu pegawai kantoran (bapak-bapak / ibu-ibu) yang pastinya lebih mementingkan kualitas, jadi brand Q95 lah yang paling cocok untuk kalangan ini.

4. Pelajari cara marketing


Secara garis besar, dalam marketing ada tiga hal penting yang harus kita perhatikan, yang pertama yaitu pemilihan daerah marketing, yang kedua yaitu teknik marketing dan yang ketiga yaitu pelayanan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Media Sosial ibarat Facebook dan Twitter, merupakan daerah untuk melaksanakan marketing atau lebih tepatnya media marketing yang paling tepat, selain alasannya yaitu banyaknya jumlah pengguna, rata-rata para pengguna media umum Facebook khususnya, sudah sangat familiar dengan jual beli online.

Untuk teknik marketing, berdasarkan saya yang paling ampuh yaitu dengan cara melaksanakan pendekatan kepada calon konsumen, ada cara yang bisa Anda gunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada calon konsumen, salah satu contohnya yaitu dengan mencari feedback dari konsumen tersebut, mendengarkan apa yang mereka mau.

Satu lagi yang harus dipertaikan dalam bisnis jual baju online atau bisnis apapun itu yaitu pelayanan yang maksimal, contohnya ibarat respon yang cepat (jangan buat calon pelanggan menunggu, jiak tidak ingin pelanggan tersebut kabur), mengatakan garansi (tidak ada pembeli yang ingin membeli barang rusak), jujur dan menjelaskan detail produk apa adanya. Dengan begitu kita akan mendapat loyalitas dari konsumen.

5. Pilih layanan ekspedisi


Layanan ekspedisi maksudnya yaitu layanan pengiriman barang yang akan kita gunakan untuk mengirim barang pesanan pelanggan.

Dalam menentukan layanan ekspedisi juga jangan asal murah, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan, ibarat :

  • Usahakan mempunyai layanan tracking online
  • Memiliki cabang paling bersahabat dengan posisi konsumen
  • Pilih ETD (Estimates Days) paling cepat

Sekedar tips jual baju online untuk Anda yang memakai layanan ekspedisi semoga tidak menciptakan pelanggan kecewa yaitu dengan meningkatkan ETD yang diberikan oleh jasa layanan ekspedisi. Misal layanan ekspedisi mengatakan jani 2 hari sampai, maka sebaiknya Anda katakan ke konsumen bahwa barang akan datang 3 hari lagi, hal ini untuk mengantisipasi kalau sewaktu-waktu layanan ekspedisi yang kita gunakan mengalami masalah. Kalaupun tidak ada problem dan barang hingga sesuai jani (2 hari), hal ini tentu menjadi laba sendiri untuk kita alasannya yaitu pelanggan pastinya akan merasa senang, alasannya yaitu barang hingga lebih cepat dari yang dijanjikan.

Kelima cara bisnis jual baju online diatas, kalau Anda terapkan dengan baik, maka kemungkinkan untuk mendapat penjualan setiap hari juga akan terbuka lebar, alasannya yaitu dari awal memulai bisnis dropship baju kita telah melaksanakan riset dan memakai teknik marketing yang tepat.

Namun, kalau dirasa kelima cara tersebut dirasa belum cukup sebagai cara efektif meningkatkan penjualan baju online Anda, berikut saya berikan tips singkat jualanan baju online semoga bisa sukses.

  • Bagikan Testimonial

    Jangan hanya mempromosikan baju saja, tapi sesekali bagikan foto / screenshot yang berisi testimonial dari para pelanggan Anda, hal ini akan menambah kepercayaan konsumen.

  • Gunakan Rekber

    Jika perlu gunakan rekber (rekening bersama) semoga calon konsumen merasa kondusif dan tidak was-was akan ditipu.

  • Kumpulkan Feedback

    Penting dan wajib hukumnya mendegarkan feedback dari konsumen, alasannya yaitu cara terbaik untuk menciptakan bisnis online kita bertahan yaitu dengan mendengarkan kemauan pelanggan.

  • Fleksibel

    Bisnis baju online yang Anda jalankan haruslah fleksibel, artinya harus bisa menyesuaikan cita-cita pasar, kalau dirasa bisnis baju yang Anda jual sudah minim peminat, maka bergantilah menjual jenis baju lain / ganti di produk lain.

Keempat cara jualan online tersebut bukan hanya akan menciptakan pelanggan kondusif dan nyaman, selain itu akan berdampak pada imbas viral yaitu promosi dari ekspresi ke mulut.

Baca Juga
Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis Cara Promosi Online

Marketing / pemasaran merupakan hal terpenting yang harus kita kuasai semoga bisnis dropship baju online bisa menghasilkan penjualan.

Kesimpulan


Jadi, kalau Anda ingin belajar bisnis jual baju online langkah pertama yang harus dilakukan yaitu riset produk > mencari supplier > marketing. Dan untuk kunci utama cara bisnis jual baju online semoga sukses yaitu dengan menciptakan sistem pelayanan yang prima dan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam berbisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google