10 Taktik Seo Untuk Blog Gres Yang Perlu Anda Tau

 Artikel ini sebetulnya dikhususkan untuk para blogger pemula yang gres buat blog dan untu 10 Strategi SEO Untuk Blog Baru Yang Perlu Anda Tau

Artikel ini sebetulnya dikhususkan untuk para blogger pemula yang gres buat blog dan untuk mereka yang masih awam ihwal SEO, alasannya ialah isi dari artikel taktik SEO ini sangatlah sederhana alias Dasar SEO saja, namun dasar inilah yang sebetulnya menjadi pondasi semoga kelak blog yang dibentuk bisa merajai Top Ranking 1 Google.

Saya rasa cukup basa-basinya, takutnya malah pada kabur sebelum baca isinya.

Sesuai judul diatas, setidaknya ada 10 taktik SEO yang harus dilakukan oleh para blogger yang gres menciptakan blog. Kesepuluh taktik SEO yang saya maksud tersebut terdiri dari 4 Strategi Teknik SEO On-Page dan 3 Strategi Teknik SEO Off-Page.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada tabel dibawah ini.

Teknik SEO On-PageTeknik SEO Off-Page
Membuat Konten Dapat TerindexMencari Backlink
Menghubungkan Tiap HalamanMempromosikan Artikel di Media Sosial
Memasukkan Kata Kunci Dalam ArtikelMensubmit Blog di Situs Article Directory
Menggunakan H1, H2, H3Mengadakan Kontes SEO
Menambahkan Meta Tag
Menghindari Duplicate Content


Itulah citra singkat ihwal taktik SEO yang akan kita pelajari di artikel ini. Selanjutnya mari kita bahas lebih mendalam dari masing-masing poin penting dalam tiap Teknik SEO diatas.

Strategi SEO On-Page


1. Membuat Konten Dapat Terindex


Masalah yang sering dihadapi oleh blog gres ialah susah / lamanya blog tersebut terindex oleh Google. Jika blog Anda mengalami perkara serupa, maka kemungkinan ada tiga masalahnya :

  • Konten yang terlalu sedikit
  • Konten hanya berisi flash

Untuk perkara pertama solusinya sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu memperbanyak jumlah kata, sementara untuk permasalahan kedua, selain menambahkan beberapa kata, sebaiknya hindari juga penggunaan flash tersebut, alasannya ialah tidak bisa terindex Google dan hanya menambah berat load blog.

Hal ini sebetulnya juga berlaku untuk Gambar, dimana Google tidak  bisa membaca sebuah gambar, bila Anda belum memasukkan alt dan title tag pada gambar tersebut, selengkapnya bisa Anda baca dan pelajari disini Cara SEO Gambar.

Dan untuk memastikan seluruh konten yang ada pada Blog Anda sanggup teindex baik oleh Google, caranya cukup sederhana, yaitu Anda bisa memakai browser khusus namanya SEO-Browser. Lebih jelasnya silahkan install, kemudian coba kunjungi situs Anda sendiri.


2. Menghubungkan Tiap Halaman


Ada baiknya Anda menghubungkan tiap halaman dengan link. Hal ini bertujuan semoga ketika Google Spider mengunjungi (katakanlah) halaman A, maka ia tidak berhenti di halaman A saja, namun dilanjut ke halaman B, C dan seterusnya sesuai dengan link yang Anda masukan.

Namun bila halaman A, sama sekali tidak mempunyai link yang mengarah ke halaman lain, maka bisa dipastikan Google Spider hanya akan berhenti di halaman A.

Ada dua cara menghubungkan tiap halaman yang saling berkaitan, yaitu dengan menciptakan widget Artikel Terkait atau bisa juga dengan menambahkan link secara Manual.

Kedua hal tersebut bukanlah pilihan, artinya Anda boleh menerapkan keduanya, memasang widget Artikel Terkait dan menambahkan link ke dalam Artikel (manual).


3. Memasukkan Kata Kunci Dalam Artikel


Kata kunci atau keyword merupakan bab penting dalam SEO On-Page. Dalam perkara ini blog gres yang notabenya belum mempunyai banyak artikel, sudah niscaya tidak mempunyai banyak keyword yang bisa ditangkap.

Tugas Anda untuk para pemilik blog gres ialah menambahkan LSI Keyword ke dalam setiap artikel yang Anda buat. Apa itu LSI Keyword ? silahkan baca klarifikasi lengkapt ihwal LSI Keyword di artikel ini Pengertian LSI Keyword bukan hanya klarifikasi ihwal definis LSI Keyword namun juga saya berikan pula cara mencari LSI Keyword dengan mudah.

Setelah Anda mendapat list atau daftar LSI Keyword, yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah menempatkan masing-masing keyword pada tempatnya. Tempat meletakkan keyword rekomendasi saya ialah :

  • Di awal paragraf
  • Di bab isi artikel
  • Di paragraf akhir

Penempatan keyword pada awal paragraf tidak harus pada kalimat pertama, sebagai pola pada artikel ini saya menempatkannya di tengah kalimat awal paragraf.


4. Menggunakan H1, H2, H3


Untuk Anda yang belum tahu Apa itu H1, H2, H3, berikut saya berikan penjelasannya secara singkat. H1...H6 ialah elemen HTML yang dipakai untuk menambahkan Heading.

Elemen HTML inilah yang (mungkin) dipakai oleh Google untuk memilih topik dari suatu artikel blog. Makara bila dalam 1 halaman artikel tidak mengandung Heading 1 (H1) maka besar kemungkinan blog tersebut akan sulit meranking suatu keyword.

Yang tak kalah penting ialah penggunaan H2 dan H3, alasannya ialah bukan hanya akan membantu / memudahkan pengunjung memamahami artikel Anda, namun juga bisa meningkatkan SEO On-Page blog.

Agar lebih gampang memahaminya, akan saya berikan pola pengimplementasian tag H1, H2 dan H3 di dalam artikel. Kita ambil pola akan menciptakan artikel berjudul "Belajar SEO" maka penggunaan headingnya ialah ibarat ini :


Belajar SEO H1

......

Tool Meningkatkan SEO H2

......

Tool SEO ON-Page H3

Tool SEO OFF-Page H3

......


Dengan menerapkan taktik SEO pada heading tag ibarat pola diatas, saya yakin akan semakin memudahkan pengunjung dalam memahami setiap artikel yang Anda tulis dan pada karenanya juga akan meningkatkan Bounce Rate.


5. Menambahkan Meta Tag


Sebagian pakar SEO menagatakan bahwa Meta Tag itu taktik SEO kuno. Ya, saya akui memang kuno dan Google juga sudah mengkonfirmasi bahwa tidak lagi memasukkan Meta Tag Keyword ke dalam Google Ranking Factor (bukan merupakan Faktor SEO On-Page).

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan meta tag yang saya maksudkan di artikel ini bukanlah meta tag keyword, melainkan meta tag description.

Meta Tag Description (sampai dikala ini) masih dipakai Google untuk menampilkan cuplikan pada hasil pencarian mereka.

Semakin menarik meta tag description yang Anda buat, maka semakin besar pula peluang artikel tersebut diklik. Untuk menciptakan meta description yang menarik, caranyaa dalah dengan menciptakan orang penasaran, contohnya "bukan problem susah untuk mendapat ranking 1 di Google, yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan ..."

Sebenarnya tidak ada batasan dalam menambahkan meta description, namun perlu diketahui bahwa ada batasan jumlah yang bisa ditampilkan pada hasil pencarian Google, yaitu maksimum 160 karakter.


6. Menghindari Duplicate Content


Google tidak akan menawarkan penalty pada blog Anda hanya alasannya ialah adanya duplicate content dan hal ini telah dikonfirmasi pribadi oleh Matt Cutt dan juga sudah dijelaskan oleh SearchEngineLand pada artikel mereka yang berjudul Google’s Matt Cutts: Duplicate Content Won’t Hurt You, Unless It Is Spammy.

Meski demikian Anda tetap harus menghindari terjadinya duplicate content, alasannya ialah bisa memicu penurunan ranking blog bila hal tersebut dilakukan dengan tujuan SPAM.

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu duplicate content. Sesuai namanya Duplicate content ialah adanya dua artikel atau lebih dengan isi artikel yang nyaris sama.

Jadi, untuk Anda yang gres buat blog gres dan artikelnya masih sedikit, dan bila ada niatan untuk menciptakan artikel baru, sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah ada artikel usang yang berkaitan, bila ada maka tidak perlu menciptakan artikel gres melainkan cukup update saja artikel usang tersebut.

Tetapi bila Anda tetap ingin menciptakan artikel / postingan baru, namun tidak ingin terjadi duplicate content, maka cukup tambahkan Canonical Tag dengan isyarat ibarat dibawah ini :

Canonical tag
<link rel="canonical" href="url artikel lama"/>

Tag diatas akan memberitahukan mesin pancari bahwa artikel terrsebut mempunyai kesamaan dengan artikel yang Anda buat sebelumnya. Makara ketika Google akan meranking halaman Anda, maka Google akan menempatkan "artikel lama" pada urutan yang jauh lebih baik dibanding artikel "artikel baru" yang mempunyai kesamaan isi tersebut.


Strategi SEO Off-Page


1. Mencari Backlink


Backlink merupakan bab penting dalam SEO Off-Page. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu bagaimana cara mendapat backlink yang berkualitas untuk blognya. Hal ini pulalah yang menimbulkan sebuah blog sulit untuk bersaing di SERP.

Sekarang yang menjadi pertanyaan ialah seperi apa Backlik Berkualitas itu ? pertanyaan ini sebetulnya cukup luas dan jujur saja saya juga tidak tahu niscaya apa jawabannya, namun yang jelas, Backlink Berkaulitas ialah Backlink yang berasalh dari situs berkualitas.

Jika dianya kembali ihwal ibarat apa Situs Berkualitas itu ? maka jawabannya sederhana saja, sebuah situs dikatakan berkualitas (berkualitas untuk ditanami backlink) bila mempunyai PA / DA tinggi, mempunyai Niche yang sama dan mempunyai OBL yang rendah.

Pembahasan secara mendalam ihwal BackLink sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, bila tertarik Anda bisa membacanya disini BackLink Yang Baik Untuk Blog.


2. Mempromosikan Artikel di Media Sosial


Dalam SEO ialah istilah Social Signal yang bila diartikan secara bebas kurang lebih maknanya ialah sinyal yang berasal dari Media Sosial.

Sinyal dari Media Sosial inilah yang (katanya) dipakai aneka macam mesin pencari (termasuk Google) untuk meranking suatu situs.

Makara sederhanya, semakin tinggi social signal yang dimiliki oleh blog maka semakin beasr pula peluang situs tersebut masuk ke halaman pertama Google.

Untuk mendapat Social Signal yang harus dilakukan ialah mempromosikan / membagikan artikel Anda di media umum ibarat Facebook, Twitter atau Google Plus.

Namun juga tidak sesederhana itu juga, dimana akun media umum yang Anda buat juga harus mempunyai banyak sobat / pengikut, alasannya ialah bila tidak ada satupun sobat / follower, maka sia-sia saja Anda membagikan artikel tersebut.


3. Mensubmit Blog di Situs Article Directory


Situs article directory atau ada juga yang menyebutnya social bookmark ibarat LintasMe dan VIVAlog bisa menjadi solusi simpel untuk para pemilik blog gres yang menginginkan blognya cepat populer dan dikenal banyak orang.

Dengan cara SEO ibarat ini, sebetulnya ada dua laba yang Anda dapat, yaitu Pengunjung dan Backlink. Backlink yang didapat 99% sudah niscaya berkualitas, alasannya ialah berasal dari konten yang se-topik dan hampir semua situs social bookmark mempunyai authority tinggi.

Selain article directory, masih ada lagi situs Web Directory, jadi kita hanya perlu mensubmit link blog utama saja (bukan link artikel blog). Beberapa pola Web Directory yang cukup populer ialah :

  • W3-Directory
  • DMOZ

Kedua situs tersebut memang situs luar, namun tidak masalah, alasannya ialah nanti ada kategori untuk memasukkan blog Anda dalam dafter Niche yang sama antar blog (hal ini akan membantu blog mendapat manfaat SEO yang sebenarnya).

Situs Pinger juga sebaiknya Anda pertimbangkan juga untuk digunakan, alasannya ialah menurut saya, blog gres akan lebih cepat terindeks dikala kita melaksanakan Ping.


4. Mengadakan Kontes SEO


Inilah taktik SEO yang paling ampuh dan gampang dilakukan, namun sekaligus termasuk yang paling mahal diantara taktik SEO yang sudah saya jelaskan diatas.

Memuaskan atau tidaknya hasil yang didapat tergantung dari banyaknya akseptor dan seberapa berkualitas backlink yang diberikan oleh para akseptor kontes SEO.

Ini merupakan cara yang paling cepat untuk meningkatkan ranking SEO pada blog baru, tetapi tidak begitu saya anjurkan untuk blog yang fresh yang belum mempunyai banyak artikel, alasannya ialah takutnya dianggap sebagai Unnatural Link oleh Google.


Kurang lebih ibarat itulah taktik SEO untuk memaksimalkan SEO Blog dan satu lagi sebaiknya Anda pertimbangkan pula untuk memakai Template Blog SEO Friendly.

Disini saya hanya menginformasikan saja dan sama sekali tidak memaksa Anda untuk memakai kesepuluh taktik SEO diatas, jadi silahkan tentukan sendiri apakah ingin mencobanya atau hanya sekedar membacanya saja, namun yang terperinci cara ini berhasil menghantarkan beberapa blog saya di halaman pertama Google.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Blog Anda Di Google Mobile-Friendly Test Tool Sekarang

Cara Mendaftar Ptc Neobux

6 Tips Dan Trik Melaksanakan Pencarian Efektif Di Google